Sukses

Herpes Simpleks Bisa Sembuh?

02 Sep 2015, 10:57 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat siang dok, kmarin saya dapat hasil tes lab pemeriksaan HSV 1 igG dan igM dimana hasilnya adalah untuk igG 2,08 dan untuk igM 0,39, nah untuk yg saya tanyakan: 1. apakah itu berbahaya? bagaimana pencegahannya supaya tidak kambuh lagi? soalnya yg saya ketahui itu tdk akn bs smbuh.. 2. bisakah dicari sebabnya dok? sebab sya tdk prnh mlakukan hubungan seks slain dgn suami saya, lalu apakah suami saya jg harus mlakukan pmeriksaan? pemeriksaan apa saja yg dibutuhkan? thx

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami dapat memahami perasaan Anda saat ini. Imunoglobulin (Ig) adalah antibodi yang bersirkulasi dalam darah manusia dan berfungsi sebagai kekebalan tubuh. Antibodi ini dapat mengenali dan menghancurkan benda asing yang merugikan bagi tubuh.

Terdapat 5 macam imunoglobulin, yaitu: IgG, IgM, IgA, IgD, dan IgE. Di antara imunoglobulin tersebut, yang bereaksi terhadap rangsangan bakteri, virus, dan toksin adalah IgM dan IgG. IgM adalah jenis imunoglobulin yang terbentuk pertama kali sehingga umum digunakan sebagai penanda adanya infeksi akut. Dalam beberapa hari hingga minggu, titer IgM akan menurun, diikuti oleh pembentukan IgG. Hasil pemeriksaan HSV IgG positif berarti pernah terjadi paparan virus herpes simpleks sebelumnya dan tubuh Anda telah membentuk antibodi terhadap virus tersebut. Akan tetapi yang terpenting adalah titer IgM-nya. Selama pemeriksaan HSV IgM menunjukkan hasil positif, maka anda masih dalam fase infeksi akut yang membutuhkan terapi optimal agar gejala herpes hilang tuntas.

Bagaimanapun, perlu diperhatikan bahwa sekali terinfeksi, virus herpes simpleks akan tetap berada dalam tubuh dalam bentuk laten dan dapat kambuh suatu saat ketika daya tahan tubuh sedang menurun. Dan hingga saat ini belum ada terapi yang dapat memberikan kesembuhan total terhadap infeksi virus herpes simpleks. Akan tetapi pemberian obat antivirus tertentu (seperti asiklovir, valasiklovir, famsiklovir) dapat membantu memendekkan durasi penyakit dan memperpanjang interval kekambuhan. Yang terpenting adalah menjaga kekebalan tubuh dengan asupan nutrisi cukup, istirahat cukup, dan berolahraga secara teratur. Dan mengingat virus ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual, maka sebaiknya pasangan Anda juga menjalani pemeriksaan yang sama.

Anda dapat mengklik URL Link berikut untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai penyakit herpes simpleks:

Herpes Simpleks

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar