Sukses

Penyebab Gatal Di Kemaluan

02 Sep 2015, 11:04 WIB
Wanita, 19 tahun.

assalamualaikum. maaf saya mau tnya.. saya vera. saya baru lulus skolah thun lalu. saya sering merasa gatal di kemaluan saya sejak saya duduk di bangku SMA klas 3. kalau sedang tidur suka refleks menggaruknya. dan skrang menimbulkan bekas dok. menjadi merah dan agak membengkak tetapi tidak keras. itu kenapa ya dok ? apa bekas nya bisa di hilangkan ?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun informasi yang Anda sampaikan masih minimal, apakah ada gejala lain yang menyertai gatal? Apakah keluar cairan dari vagina? Apakah terdapat merah-merah atau benjolan pada area yang gatal? Apakah Anda sudah pernah berhubungan seksual?

Beberapa hal dapat menyebabkan gatal pada kemaluan Anda, seperti infeksi jamur atau infeksi menular akibat virus Herpes Simpleks (HSV) atau virus Human Pappiloma (HPV).

Konsultasilah dengan Dokter untuk mengetahui penyebab keluhan gatal tersebut. Hanya melalui pemeriksaan fisik dan penunjang secara menyeluruh, suatu diagnosa dapat ditegakkan dan menjadi dalil yang sahih untuk pemberian terapi.

Sebagai tips, berikut adalah langkah-langkah untuk menjaga kebersihan vagina yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari:
  • Sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembab (tidak ada aturan berapa jam sekali, asalkan celana dalam yang Anda kenakan tetap kering)
  • Menghindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat
  • Apabila ingin menggunakan panty liner pilihlah yang tidak mengandung pengharum dan tidak digunakan selama lebih dari 4-6 jam
  • Menghindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan
  • Bila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang menggunakan handuk.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar