Sukses

BAB Lendir dan Ambeien

14 Feb 2015, 21:08 WIB
Pria, 20 tahun.

Pagi dok. Kalau ambeien tiap bab keluar lendir tapi fases ndak keluar itu pengobatanya gimana ya dok . Makasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Bagaimanakah frekuensi BAB Anda? Apakah terdapat keluhan lain yang menyertai seperti nyeri saat mengejan, sakit perut, mual muntah, demam, atau lainnya? Apakah lendir tersebut disertai darah?

Berikut sedikit penjelasan mengenai feses (tinja).

1. TIPE 1 : Berbentuk bulat-bulat kecil seperti kacang, sangat keras dan sangat sulit untuk dikeluarkan. Kadang-kadang disebut seperti kotoran kambing. Biasanya ini adalah bentuk feses penderita konstipasi kronis.

2. TIPE 2 : Berbentuk sosis, permukaanya menonjol-nonjol dan tidak rata, dan terlihat seperti akan terbelah menjadi berkeping-keping. Biasanya feses jenis ini dapat menyumbat WC, dapat menyebabkan ambeien, dan merupakan feses penderita konstipasi yang mendekati kronis.

3. TIPE 3 : Cirinya berbentuk sosis, dengan permukaan yang kurang rata, dan ada sedikit retakan. Feses seperti ini adalah feses penderita konstipasi ringan.

4. TIPE 4 : Mempunyai ciri berbentuk seperti sosis atau ular. 

5. TIPE 5 : Mempunyai ciri berbentuk seperti bulatan-bulatan yang lembut, permukaan yang halus,dan cukup mudah untuk dikeluarkan. Ini adalah bentuk feses seseorang yang ususnya sehat.

6. TIPE 6 : Mempunyai ciri permukaannya sangat halus, mudah mencair, dan biasanya sangat mudah untuk dikeluarkan. Biasanya ini adalah bentuk feses penderita diare.

7. TIPE 7 : Mempunyai ciri berbentuk sangat cair (sudah menyerupai air) dan tidak terlihat ada bagiannya yang padat. Ini merupakan feses penderita diare kronis.

Bagaimana tipe feses sesuai dengan keluhan Anda saat ini? 

Lendir pada feses dapat merupakan hal yang normal karena usus menghasilkan lendir sebagai pelumas untuk membantu gerakan usus. Kecuali jika feses Anda disertai darah. Bentuk feses juga dipengaruhi oleh faktor makanan yang dikonsumsi.

Menu makanan yang mengandung serat tinggi, akan menghasilkan feses yang empuk dan dalam jumlah banyak sehingga akan mengapung di air. Feses cair karena kandungan airnya berlebihan (>80%). Coba perbanyak asupan serat dalam menu makanan Anda. Jika keluhan ini dirasakan sangat menganggu, Anda dapat melakukan konsultasi langsung dengan dokter. 

Selanjutnya mengenai ambeien. Wasir/ambeien/haemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Konstipasi atau sulit BAB juga dapat memicu timbulnya hemorrhoid akibat konsistensi feses yang mengeras dan sulit dikeluarkan sehingga menimbulkan iritasi pada dinding pembuluh darah rektum atau anus. Tipe dan derajat hemorrhoid bervariasi; mulai dari yang dapat terlihat tepat pada muara rektum/dubur/anus, hingga hemorrhoid yang hanya keluar saat mengejan dan kemudian dapat masuk spontan atau perlu pendorongan dengan tangan, hingga yang tidak dapat dimasukkan kembali.

Perlu diketahui bahwa wasir atau haemorrhoid tidak dapat sembuh secara total. Tindakan yang dapat dilakukan adalah mencegah timbulnya keluhan dan mengatasi gejala yang timbul dengan obat-obatan. Berikut adalah beberapa modifikasi gaya hidup yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari :

  • Minum banyak air, makan makanan yang mengandung banyak serat (buah, sayuran, sereal, suplemen serat, dan sebagainya) sekitar 20-25 gram sehari
  • Olahraga
  • Mengurangi mengedan
  • Menghindari penggunaan laksatif (perangsang buang air besar)
  • Membatasi mengedan sewaktu buang air besar.
  • Penggunaan celana dalam yang ketat dapat mencetuskan terjadinya wasir dan dapat mengiritasi wasir yang sudah ada.
  • Penggunaan jamban jongkok juga sebaiknya dihindari.

Obat-obatan yang diberikan bukan untuk menghilangkan wasir secara permanen, tetapi hanya untuk mencegah dan mengatasi gejalanya. Karena penggunaan obat-obatan yang tanpa dibarengi dengan modifikasi gaya hidup, tidak akan bermakna untuk mencegah timbulnya gejala. Apabila ada keluhan nyeri, biasanya Dokter akan memberikan anti nyeri yang diberikan dengan cara dimasukkan ke dalam anus, atau menggunakan krim anti nyeri. Apabila dengan perubahan gaya hidup dan pengobatan, wasir tetap menimbulkan rangkaian gejala, maka tindakan operasi terpaksa harus dilakukan.

Mengenai obat alami untuk menyembuhkan wasir, kami sertakan artikel yang berjudul Menikmati Hidup Bebas Wasir untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Umum atau Dokter Spesialis Bedah, karena tata laksana wasir hanya dapat diberikan apabila derajat keparahan telah diketahui melalui pemeriksaan fisik dan penunjang yang memadai.

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan Anda lekas teratasi. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar