Sukses

Saraf Mata Rusak, Bisa Kembali Sembuh?

02 Sep 2015, 13:41 WIB
Pria, 45 tahun.

hai dok, kakak saya mengidap saraf mata (kornea mata normal) yang sangat lemah sehingga mengalami kebutaan total sejak 15-20 tahun yang lalu, dahulu (sejak lahir hingga SMP) masih normal, tapi ada pengalaman waktu lahir pernah terkena sejenis gas di mata. apakah mata kakak saya masih bisa disembuhkan? terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Gangguan pada saraf mata adalah kondisi rusaknya saraf mata karena berbagai macam hal seperti trauma, infeksi, iritasi atau sebab lainnya. Dalam bidang medis, gangguan ini kerap juga disebut sebagai neuropati optik. Saraf optik adalah saraf yang menghubungkan dan menyalurkan informasi dari mata ke otak, dan sebaliknya. Kerusakan pada saraf mata dapat menyebabkan gangguan penglihatan hingga buta. 

Di dalam organ mata, terdapat beberapa elemen yang saling bekerja sama untuk membuat manusia mampu melihat. Cahaya masuk melewati kornea dan pupil menuju lensa sebelum di proyeksikan ke dalam retina yang berada di belakang mata. Retina mengubah cahaya menjadi impuls listrik yang ditransmisikan oleh saraf mata ke otak. Organ mata dilindungi oleh tulang di sekitarnya dan bergerak dengan bantuan otot mata, yang juga dikendalikan oleh saraf.

Gangguan saraf mata dapat timbul karena beberapa hal sebagai berikut:

  • Tekanan pada saraf mata
  • Glukoma
  • Infeksi
  • Radang
  • Keganasan
  • Trauma.

Sulit bagi kami untuk mengetahui dan menentukan kemungkinan kesembuhan mata kakak Anda tanpa melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Kerusakan saraf mata memang bukan masalah sederhana yang mudah untuk disembuhkan. Kami sarankan Anda untuk langsung berdiskusi dengan Dokter Spesialis Mata yang dapat memeriksa mata kakak Anda.

Semoga penjelasan ini dapat dipahami.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar