Sukses

Pusar menonjol setelah operasi caesar

02 Sep 2015, 13:55 WIB
Wanita, 16 tahun.

Dok, saya mau tanya nih. Waktu itu kan saya melahirkan umur 15th karna kecelakaan (masalah). Nah saya melahirkan dengan cara caesar , tapi kenapa setelah operasi pusar saya jd menonjol besar sekali yaa? >„< awalnya pusar saya normal tp setelah caesar jd bodong. Saya malu dok, kirakira harus konsul ke dokter kandungan atau gimana ya dok? Trims

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pusar yang menonjol bukanlah komplikasi yang umum terjadi pada pasien pasca operasi caesar. Oleh karena itu sulit bagi kami untuk menentukan apakah benar pusar menonjol yang anda alami akibat tindakan caesar atau disebabkan kondisi penyakit lain.

Salah satu kondisi yang menyebabkan gejala pusar yang menonjol adalah Hernia umbilikalis, dimana terdapat kelemahan (defek) pada dinding perut dibagian pusar sehingga isi rongga perut dapat menonjol melewati pusar dan timbullah tanda pusar menonjol. Faktor resikonya yaitu semua keadaan yang menyebabkan tekanan dalam rongga perut menjadi meningkat; batuk lama dan keras, kebiasaan mengedan, sering menganggakat beban berat, dll.

Dibutuhkan serangkaian pemeriksaan untuk memastikan penyebab kondisi anda. Untuk itu kami anjurkan anda terlebih dahulu memeriksakan diri kepada dokter spesialis kandungan yang sebelumnya menangani anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar