Sukses

Keluhan Mata Rusak dan Pengaruh Layar Terhadap Mata

15 Feb 2015, 12:50 WIB
Pria, 25 tahun.

Dokter saya mau tanya. Bapak teman saya usianya 52 tahun, profesi sekarang adalah seorang Dosen + Programer. Mata bapak yang sebelah kanan rusak 75 % dan Sebelah Kiri 50 %. Yang saya mau tanyakan. 1. Apakah dengan operasi/obat alternatif bisa menyembuhkan mata dari bapak teman saya ini ? 2. Apakah benar jika orang terlalu lama di depan komputer akan merusak mata, 3. berapa lama maksimal kita di depan komputer / Tv dan bermain game di Handphone Terimakasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah mata rusak yang Anda maksudkan adalah penurunan fungsi penglihatan? Apakah ayah teman Anda pernah berobat ke dokter atau menjalani pengobatan? Penurunan penglihatan dapat terjadi secara tiba-tiba atau secara perlahan. Penyebabnya pun sangat bervariasi sehingga diperlukan pemeriksaan fisik terhadap mata, penilaian ketajaman penglihatan, dan diagnostik lainnya. Beberapa contoh penyebab penurunan penglihatan adalah kelainan pada retina, peningkatan tekanan pada bola mata, katarak, dan sebagainya. 

 

Selanjutnya mengenai pengaruh penggunaan layar komputer/TV dengan fungsi penglihatan mata. Fenomena ini dikenal sebagai computer vision syndrome. Normalnya setiap orang akan mengedip sekitar 18x setiap menitnya yang berguna untuk membantu menyegarkan mata. Ternyata ketika kita sedang menatap layar komputer, kemampuan mata untuk mengedip hanya setengahnya, sehingga mata mudah kering, lelah, gatal dan pedih. Penglihatan merupakan sistem yang penting dan harus dijaga kesehatannya. Jika mata terlalu lelah digunakan untuk membaca dekat maka dapat menurunkan fungsi penglihatan lebih cepat. Untuk itu gunakan mata untuk melihat komputer secara terbatas. Selain itu, posisi duduk yang salah dan sama terus menerus tentu saja dapat menyebabkan nyeri pada daerah punggung, bahu, atau leher.

Tips bekerja di depan komputer:

  • Bila menggunakan kacamata, pastikan kacamata atau lensa kontak Anda aman untuk melihat monitor komputer. Pastikan ukurannya, masih sesuai atau tidak.
  • Posisikan monitor komputer Anda selevel dengan mata supaya Anda tidak menunduk.
  • Gunakan anti-glare screen untuk menghindari mata silau.
  • Seringlah berkedip untuk mencegah mata kering.
  • Gunakan mata untuk melihat komputer secara terbatas, hanya 2 jam dan setiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan melihat sejauh 20 kaki (6 meter) selama minimal 20 detik sehingga mata dan otot-otot mata tidak terlalu lelah dalam bekerja untuk melihat dekat.

Kami sarankan agar ayah teman Anda berkonsultasi ke dokter spesialis mata untuk evaluasi lebih lanjut mengenai keluhan mata yang dialami sehingga diagnosis dapat ditegakkan diikuti dengan pengobatan yang sesuai diagnosis tersebut. 

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar