Sukses

Keluhan Pada Telapak Kaki dan Nyeri Perut

15 Feb 2015, 12:35 WIB
Pria, 29 tahun.

Tanya dok kenapa telapak kaki saya terasa sakit, dan diperut sebelah kiri sering sakit, dan kulit telapak kaki saya terkelupas dan gatal-gatal

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Nyeri telapak kaki dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari radang sendi, bentuk telapak kaki yang datar, gangguan tulang atau penyebab lainnya. Pada waktu kapankah nyeri tersebut dirasakan? Apakah terdapat riwayat trauma sebelumnya? Sulit bagi kami untuk mengetahui penyebab dan pengobatan dari kondisi Anda tanpa didahului oleh pemeriksaan fisik dan penunjang yang terkait.

 

Kemudian mengenai nyeri perut kiri yang Anda rasakan. Nyeri perut pada bagian kiri dapat berarti beberapa hal, diantaranya adalah gastritis (peradangan lambung), dispepsia, duodenitis, dan gangguan pencernaan lainnya. Apabila pola makan Anda tidak sehat (banyak makan pedas, asam, berlemak), kurang serat pada makanan, kurang minum air putih, dan waktu makan tidak teratur, maka mungkin saja gangguan pencernaan menjadi penyebabnya.

Ketiga mengenai kulit telapak kaki yang terkelupas dan gatal. Apakah selama ini kaki Anda berkontak dengan air/deterjen/sabun/bahan kimia? Kaki yang sering terpapar bahan kimia atau air dapat teriritasi pada beberapa orang dengan kulit yang lebih sensitif. Dalam dunia medis, dugaan mengarah kepada dermatitis kontak iritan. Bila kulit pecah-pecah/terkelupas dapat diberikan salep antibiotik untuk mencegah infeksi bakteri, jika kulit tampak teriritasi kemerahan dan meradang dapat menggunakan salep anti radang terlebih dahulu. Selain itu juga perlu diberikan pelembab yang dapat dibeli di pasaran bebas. Anda sebaiknya selalu melindungi kaki Anda dari sumber-sumber iritasi yang menyebabkan kulit kaki Anda pecah-pecah.

Diperlukan lebih banyak informasi untuk  mengetahui diagnosis dari kondisi kesehatan Anda. Juga diperlukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Jika keluhan sangat mengganggu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan sehingga kondisi Anda dapat segera ditentukan dan ditangani secara optimal.

 

Berikut artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda: Mengapa Nyeri Pada Telapak Kaki?

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan Anda lekas teratasi. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar