Sukses

Cara Menambah Berat Badan Bayi Prematur

30 Jul 2015, 10:57 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok, saya mau tanya. Anak saya lahir prematur. Dan saat ini berusia 3 bulan dan saya berikan asupan ASI. Adakah cara untuk menambah berat badannya, Dok? Karena sekarang berat badannya 5kg. Terima kasih sebelumnya. 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi dari KlikDokter.com.

Kelahiran cukup bulan atau aterm berkisar antara usia kehamilan 37-42 minggu. Meskipun lahir sebelum waktunya, bayi prematur tumbuh dan berkembang melalui tahap yang sama. 

Namun karena pertumbuhan dan perkembangannya harus disesuaikan dengan usia bila anak tersebut lahir cukup bulan, maka akan terkesan bahwa pertumbuhan dan perkembangannya lebih lambat dibandingkan anak lahir cukup bulan. Namun anda tidak perlu terlalu khawatir, karena bayi prematur akan mengejar pertumbuhannya dalam 2 tahun pertama kehidupannya. Karena itu diperlukan perawatan khusus bagi bayi prematur selama selama 2 tahun pertama kehidupannya.  

Sebagai kesimpulan, pola perkembangan bayi prematur dapat menjadi lebih lambat dari bayi yang lahir cukup bulan. Kemampuan-kemampuan seperti berjalan, berlari, dan bicara dapat mengalami keterlambatan.  Namun kebanyakan hal ini tidak menjadi masalah saat anak mencapai usia 1-2 tahun.

Lalu bagaimana dengan ASI? Halaman berikutnya penjelasan selengkapnya.

Cara Menambah Berat Badan Bayi Prematur

Air Susu Ibu (ASI)

Jika produksi ASI Anda masih lancar sebaiknya diberikan ASI. ASI adalah makanan terbaik untuk anak, terutama pada usia 0-6 bulan. Jika memang tidak ada kontraindikasi pemberian ASI, seperti infeksi pada payudara atau HIV/AIDS, sebaiknya tetap berikan ASI untuk bayi Anda. Menurut panduan Badan Kesehatan Dunia, ASI sebaiknya diberikan selama 6 bulan pertama tanpa makanan tambahan apapun (ASI eksklusif) karena nutrisi yang dikandungnya sudah mencukupi untuk 6 bulan pertama kehidupan. Penelitian-penelitian terbaru menemukan berbagai manfaat ASI yang tidak terkira sehingga diperolehlah rekomendasi ASI eksklusif selama 6 bulan.

Air susu ibu (ASI) adalah sebuah cairan tanpa tanding ciptaan Yang Maha Kuasa untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi dan melindunginya dalam melawan kemungkinan serangan penyakit. Keseimbangan zat-zat gizi dalam air susu ibu berada pada tingkat terbaik dan mudah dicerna oleh bayi baru lahir.

ASI kaya akan sari makanan, paling higienis, dengan temperatur yang tepat dan kadar gizi yang paling dibutuhkan oleh bayi. Daftar manfaat ASI bagi bayi selalu bertambah setiap harinya. Salah satu hal yang menyebabkan ASI sangat dibutuhkan bagi perkembangan bayi yang baru lahir adalah kandungan minyak omega-3 asam linoleat alfa untuk perkembangan otak dan saraf.

Jumlah ASI yang normal diproduksi pada akhir minggu pertama setelah melahirkan adalah 550 ml per hari. Dalam 2-3 minggu, produksi ASI meningkat sampai 800 ml per hari. Jumlah produksi ASI dapat mencapai 1,5-2 L per harinya. Jumlah produksi ASI tergantung dari berapa banyak bayi menyusu. Semakin sering bayi menyusu, semakin banyak hormon prolaktin dilepaskan, dan semakin banyak produksi ASI. Sebaliknya, produksi ASI akan berkurang secara bertahap jika frekuensi juga berkurang. 

Jika Anda bekerja, dan produksi ASI masih lancar, anak Anda dapat menggunakan ASI perah, berikut "Cara Menyimpan ASI Botolan Yang Baik Dan Benar"

Berikut kami lampirkan artikel yang bermanfaat untuk Anda:

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar