Sukses

Nyeri Perut Kanan Atas

19 Jan 2015, 08:20 WIB
Pria, 45 tahun.

Dok,saya mau tanya ,beberapa hari ini ayah saya mengeluh capek,perut bagian kanan sakit,dan sekarang ditambah diare. Bisa tolong jelaskan gejala penyakit apa yang sedang diderita ayah saya .terimakasih

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sejak kapan keluhan dirasakan, apakah ada gejala lain yang menyertai selain nyeri? Nyeri perut bagian kanan bisa menjadi gejala dari berbagai penyakit yang berbeda. Untuk daerah perut bagian kanan atas terdapat beberapa penyakit yang perlu dipertimbangkan. Berikut beberapa penyakit beserta gejala yang dapat menyertai:

  • Sakit hati: Pasien bisa mengeluh lemas, kulit kekuningan, nyeri perut bagian kanan atas, riwayat sakit kuning sebelumnya.
  • Sakit lambung: pada umumnya sakit lambung atau umum dikenal masyarakat dengan asam lambung, mengakibatnya nyeri daerah ulu hati, walaupun tidak menutup kemungkinan pasien mengeluh nyeri pada perut kanan atas. Selain itu, pasien juga dapat mengeluh perut begah, mual dan muntah.
  • Sakit  paru: gejala paling umum dari sakit paru adalah gejala pernafasan, anda bisa merasa sesak, batuk dan nyeri dada, nyeri saat menarik napas.
  • Nyeri akibat otot dan tulang: Nyeri ini khususnya jika anda mempunyai riwayat trauma sebelumnya.

Informasi yang anda berikan cukup terbatas sehingga sulit bagi kami menentukan diagnosis penyakit. Untuk menegakkan diagnosis anda harus berkonsultasi langsung dengan dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang jika diperlukan. Pengobatan juga disesuaikan dengan penyakit yang mendasari keluhan anda tersebut. 

Jika nyeri perut disertai diare bisa disebabkan oleh infeksi saluran cerna, alergi atau keracunan makanan, dll. Sebaiknya lakukan analisa feses lengkap untuk mencari tahu penyebab diare dan diberikan terapi yang sesuai.

Anda juga dapat membaca artikel kami berjudul :

6 Makanan Perparah Maag

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

Nyeri Perut Tak Selalu Maag

Sakit Batu Empedu Sering Dikira Maag

Ini Dia Biang Kerok Nyeri Ulu Hati

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga informasi ini membantu. 

Salam

Tim redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar