Sukses

Cara Hilangka Tato dengan Laser

09 Jan 2015, 16:05 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok mau tanya, Saya punya tato, namun karena beberapa faktor saya memutuskan untuk menghapus tato. Teman saya telah berhasil menghapus tato di LA. Dia melakukannya sebanyak 13 kali sampai kulitnya balik sempurna. Dokter bisa beri suggestion cara tato removal ini dan apa saja side effect dari ini? Terima Kasih.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Ada beberapa teknik yang dapat dilakukan untuk menghilangkan tato seperti laser, cyrosurgey, eksisi dengan skin graft. Cara menghilangkan tato dengan teknik laser bergantung dari berbagai macam faktor seperti warna tato (misalnya: hitam lebih mudah dihilangkan daripada biru atau merah), kedalaman tato, jenis tinta, lama tato, dsb. Merujuk pada pertanyaan Anda mengenai menghilangkan tato dengan laser, laser yang biasanya digunakan untuk menghilangkan tato adalah laser jenis Q-switched ND Yag. 

Laser ini bekerja dengan cara memecah partikel tinta pada tato. Partikel tinta ini kemudian diserap oleh tubuh dan masing-masing pigmen warna tato diserap oleh gelombang laser tersebut. Menghilangkan tato dengan cara dilaser tidak dapat langsung hilang dalam 1x pengerjaan saja dan butuh proses. Laser tersebut biasanya akan diulang pengerjaannya pada 4-6 minggu kemudian tergantung proses penyembuhannya. Sebelum dilakukan tindakan ini, area yang akan dilaser akan diberikan krim anestesi terlebih dahulu. 

Efek samping dari pengerjaan ini dapat berupa kemerahan, luka (scarring), blister ataupun hiperpigmentasi pasca inflamasi (HPI). Oleh karena itu pastikan dokter yang mengerjakan tindakan laser ini merupakan dokter yang berkompeten di bidangnya. 

Berikut kami sertakan artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Tattoo: Risiko & Bahayanya

Tato dan Infeksi Kulit

Awas Tato dan Tindik Tularkan Penyakit Hepatitis

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar