Sukses

Efek Samping Pil KB

16 Jan 2015, 16:17 WIB
Pria, 33 tahun.

Dok adik sy umur 23 thn, sd selama ini berpacaran dan sudah sering berhubungan badan,utk menghindari hamil mereka memakai pil kb. Kata orang jka pakai pil kb ktika blm perna pya anak bsa menyebabkan kandungan kering dan tidak bisa pya anak. Apa itu benar dok. Terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Perlu diketahui bahwa seluruh metode kontrasepsi yang bersifat hormonal, baik itu suntik, pil, spiral maupun susuk, dapat merubah regulasi hormon di dalam tubuh wanita dan menyebabkan gangguan menstruasi. Biasanya, kondisi perubahan hormon ini diawali dengan perdarahan tidak teratur, terutama pada 3 bulan awal penggunaan alat kontrasepsi. Keluhan seperti flek, menstruasi sedikit atau bahkan tidak menstruasi sama sekali disebabkan karena menipisnya lapisan lendir rahim. Selain itu kembalinya kesuburan juga akan lebih lama pasca penghentian kontrasepsi hormonal.

Keseimbangan hormon Anda secara perlahan akan kembali ke titik normal apabila penggunaan kontrasepsi hormonal dihentikan. Biasanya dalam kurun waktu 5 hingga 7 bulan siklus menstruasi akan kembali reguler dan normal dalam hal frekuensi, jumlah maupun siklus. Demikian pula dengan status kesuburan Anda.

Untuk kepastian diagnosis, kami sarankan Anda untuk konsultasi ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan. Pemeriksaan secara menyeluruh, termasuk USG kandungan (jika diperlukan) akan memperjelas ada tidaknya gangguan pada organ reproduksi Anda.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar