Sukses

Varises Vagina

09 Jan 2015, 16:39 WIB
Wanita, 22 tahun.

dok saya mau tanya bagai mana cara mengatasi farises vagina,agar tidak tumbuh lagi..

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti rasa khawatir yang anda rasakan terhadap kaki Anda. Sebelum itu ijinkan kami untuk menjelaskan sedikit mengenai varises. Varises adalah pembuluh darah yang membesar, berkelok-kelok, berwarna kebiruan yang akan tampak jelas, khususnya terjadi pada kaki.

Pada dasarnya varises berhubungan dengan pembuluh balik (vena). Varises lebih sering terjadi di kaki karena pengaruh gaya gravitasi bumi. Pada saat berdiri, aliran darah cenderung mengalir kuat ke bawah akibat gravitasi, sedangkan pembuluh darah vena mengalir sebaliknya, dari kaki ke jantung. Sebenarnya pembuluh vena tidak memiliki cukup kemampuan untuk mendorong darah kembali ke atas, tapi vena mempunyai kelebihan yaitu memiliki katup.

Pertanyaan kami adalah apakah Anda yakin bahwa itu adalah pembesaran pembuluh darah pada vagina? Untuk menentukan apakah pembesaran pembuluh darah itu benar adanya sebaiknya diperiksa langsung oleh seorang dokter, dalam hal ini adalah dokter kandungan.

Jika memang betul adalah varises vulva atau vagina maka yang dapat Anda lakukan antara lain:

  • Menggunakan support garment. Anda dapat mencari yang spesifik untuk varises pada vulva. Biasanya design garment tertentu juga dikhususkan untuk menyangga perut bagian bawah dan punggung belakang.

  • Ganti posisi. Jika Anda sering berdiri terlalu lama, cobalah sesekali beristirahat untuk duduk.

  • Berenang. Jika Anda mengalami varises vulva saat sedang hamil, cobalah untuk berenang. Air akan mengangkat bayi dan membantu meningkatkan aliran dari ke rongga pelvis. 

  • Angkat panggul Anda sedikit ketika berbaring. Hal ini akan membantu menjaga sirkulasi. Anda dapat menyangganya dengan handuk di bawah panggul.

  • Kompres dingin pada vulva Anda. Hal ini akan membantu meringankannya. 

Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat bermanfaat. (NO)

Salam, 

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar