Sukses

Mata Merah, Berair & Belekan

09 Jan 2015, 17:11 WIB
Wanita, 20 tahun.

selamat malam,dok. mata saya merah, berair, dan belekan semenjak hari minggu. pada hari selasa saya beri cendo xitrol 3xsehari tapi hingga hari ini (kamis) mata saya masih merah, berair, belekan. dan berat untuk dibuka(terasa seperti mengantuk). dan awalnya hanya mata kiri saja yg sakit, tapi kini yg kanan pun ikut tertular. apa yg harus saya lakukan dok?

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhwatiran yang Anda alami, Sebelum kami menjawab ijinkan kami menjelaskan sedikit mengenai mata merah. Mata merah disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah mata. Untuk mengetahui penyebab dari pelebaran tersebut, perlu dibedakan antara pelebaran pembuluh darah silier atau konjungtiva. Pelebaran pembuluh darah silier menunjukkan adanya peradangan pada bagian kornea, iris, atau badan siliaris mata.

Walaupun penyebab mata merah paling sering adalah peradangan konjungtiva karena infeksi bakteri, virus, maupun karena alergi, mata merah dapat juga disebabkan oleh peradangan pada iris, kornea, dan peningkatan tekanan bola mata akut. Penyebab lain dapat berupa adanya benda asing, trauma, perdarahan di bawah konjungtiva, dll. Karena itu perlu diketahui juga apakah mata merah disertai mata berair, belekan, nyeri, penglihatan silau, penurunan ketajaman penglihatan, dll. Infeksi virus atau bakteri biasanya disertai dengan mata berair maupun belekan.

Berdasarkan keluhan yang Anda gambarkan, kemungkinan Anda mengalami peradangan pada konjungtiva (daerah putih di mata) atau disebut juga sebagai konjungtivitis. Konjungtivitis dibagi berdasarkan penyebabnya, yaitu :
1. Konjungtivitis bakteri
2. Konjungtivitis virus
3. Konjungtivitis klamidia
4. Konjungtivitis alergi

Konjungtivitis alergi adalah peradangan pada daerah konjungtiva yang disebabkan karena alergi. Gejalanya diantaranya adalah gatal, mata berair, mata merah, bengkak pada konjungtiva, dan sekret (kotoran mata) yang berwarna putih serta lengket. Keluhan Anda bisa berkaitan dengan konjungtivitis alergi.  

Jika memang penyebab mata merah pada Anda adalah alergi maka pengobatan untuk konjungtivitis alergi adalah menghindari alergen (zat penyebab alergi) seperti debu, dingin, asap. parfum, dan sebagainya. Obat-obatan yang dapat digunakan adalah antihistamin baik topikal (tetes mata) maupun oral (diminum). 

Perlu kita telusuri lebih jauh mengenai keluhan yang Anda alami. Kami sarankan Anda memeriksakan kondisi Anda ke dokter spesialis mata, Agar dapat dilakukan pemeriksaan mata dan penyebab mata merah Anda dapat diketahui dengan pasti.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. 

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar