Sukses

Gejala Lupus

03 Mar 2015, 14:49 WIB
Wanita, 19 tahun.

dok,ibu saya sudah sakit slama 1thun lebih ,gejala pertama kepala rasanya muter2(vertigo),dan setiap mau makan mual,lemas,tdk bsa tdur,dn sdah priksa ke Rs umum dipoli saraf di diagnosa terkena vertigo,stiap obtnya hbis kambuh lagi sampai berbulan2 akhirnya tdk priksa dsana lagi,sampai blan november 2014 kambuh lagi tetapi tdk ada vertigonya malah rasanya makin parah,sehingga memutuskan priksa ke Rs swasta dipoli dalam dan dokter A mendiagnosa terkena lupus saat itu jga disuruh dirawat dirumah sakit. stelah 4hri boleh plg bberpa minggu kemudian kambuh lagi dn kembali keRs itu kebetulan dr.A tdk ada,ditangani dr.B tdk peduli dokter siapa krna kondisi ibuk saya tdk memungkinkan dn dr,.B mendiagnosa terkena asam lambung saja ,tetapi sampai sekrang tdk ada perubahan,sebenernya ibu saya sakit apa ,mohon sarannya dok,trimakasih.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. 

Penyakit lupus lengkapnya disebut systemic lupus erythematosus (SLE) atau lupus eritematosus sistemik (LES), adalah penyakit autoimun yang dapat mengenai seluruh sistem organ tubuh. Pada SLE / LES terjadi ketidakseimbangan sistem imun (daya tahan tubuh) yang menyebabkan reaksi tubuh terhadap jaringan yang sehat. 

Penyebab SLE / LES belum diketahui, namun predisposisi genetik, hormon seks, dan lingkungan diduga memiliki pengaruh dalam perkembangan penyakit ini.

Mengingat penyakit ini dapat mengenai berbagai sistem organ tubuh, gejalanya bervariasi meliputi: demam, lemas, penurunan berat badan, kemerahan khas pada wajah berbentuk kupu-kupu (butterfly rash), nyeri otot dan sendi, gangguan saluran kemih, gangguan jantung, sistem pencernaan, kelainan darah, gangguan saraf, faktor psikologis, dsb. Terdapat kriteria diagnosis Lupus, sebelum seseorang ditegakkan diagnosis menderita Lupus. Apabila ditemukan 4 positif dari 11 kriteria, maka diagnosis baru dapat ditegakkan. Bagaimana dengan kakak Anda? 

Belum ada terapi yang dapat menyembuhkan SLE / LES 100%. Terapi yang ada saat ini hanya ditujukan untuk mengatasi gejala dan mencegah kekambuhan. Pencegahan penyakit lupus adalah dengan menjalani pola hidup sehat meliputi pola makan sehat, istirahat cukup, olahraga teratur, menjauhi minuman keras, menghindari rokok, serta banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan setiap hari.

Lebih lengkap mengenai SLE / LES dapat Anda baca dalam indeks penyakit kami dalam waktu dekat. Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar