Sukses

Mencegah dan menangani HIV/AIDS

09 Jan 2015, 00:47 WIB
Wanita, 24 tahun.

Bagaimana cara mencegah atau cara menanganan VIRUS HIV

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

HIV umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara membran mukosa atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, dan ASI. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim, transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut.

Jadi jika tidak ada kontak langsung antara membran mukosa antara penderita dengan bukan penderita maka tidak dapat terjadi penularan. Menghindari penularan terjadi dengan penderita HIV adalah dengan menghindari kontak langsung dengan cairan tubuh (darah, air mani, cairan vagina, ASI) dengan cara tidak melakukan hubungan seksual pranikah, tidak menggunakan narkoba jarum suntik, dan hindari kontak langsung cairan tubuh dengan penderita HIV.

Pengobatan HIV sekarang ada berbagai macam, yaitu menggunakan obat ARV (anti retroviral). Obat tersebut dapat Anda peroleh jika Anda kosultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam. Dengan obat itu, diharapkan terjadi supresi dari virus sehingga tidak dapat melemahkan sistem imun tubuh. Infeksi ini berat jika sel darah putih itu turun sehingga tubuh dapat terinfeksi oleh berbagai virus dan bakteri. Untuk sembuh masih diperdebatkan dan sepertinya sulit. Yang dapat dilakukan adalah supresi dari replikasi virus. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan,
Semoga dapat bermanfaat.
Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar