Sukses

Penanganan FAM

13 Mar 2015, 11:03 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok yang saya mau tanyakan adalah saat ini saya telah didiagnosa oleh dokter mengidap FAM pada pyudara saya sebelah kanan dengan diameter kurang lebih 3 cm, karna saya sedang menyusui saya disarankan dokter untuk tidak melakukan operasi dulu dikarenakan takut infeksi, operasinya setelah selesai menyusui saja. Tapi yang jadi masalah apakah tidak akan semakin besar FAM saya apabila dibiarkan terus menerus dan harus menunggu sampai saya selesai menyusui??? kemudian apakah FAM bisa disembuhkan tanpa operasi, misalkan dengan herbal atau pengobatan tradisional?? Thanks.

 

Terima kasih karena Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

FAM  (Fibroadenomamammae) merupakan kasus terbanyak pada tumor payudara. Kejadiannya dapat berbentuk tunggal atau banyak pada satu payudara atau kedua payudara. Karakter FAM antara lain teraba, padat, kenyal, dapat digerakkan dari jaringan sekitarnya (mobile), bentuk bulat, lonjong, berbatas tegas, tidak nyeri, kuit payudara diatasnya tidak berubah, pertumbuhan lambat dan tidak menyebar seperti kanker payudara.

Tumor jinak payudara (FAM) adalah benjolan pada payudara yang biasanya merupakan gumpalan lemak yang terbungkus dalam suatu wadah yang menyerupai kantong yang sifatnya jinak dan tidak menyebar ke bagian lain pada tubuh. FAM lebih banyak di derita oleh wanita yang berumur sekitar 16 tahun – 30 tahun dan dapat berulang.

Penanganan FAM

Untuk mengatasi Tumor Payudara FAM atau jinak ini, anda bisa konsultasi ke dokter specialis bedah. Wajarnya tindakan yang dilakukan adalah pengambilan tumor ini dengan cara operasi. Sayangnya hingga saat ini belum diketahui ada obat atau vitamin yang dapat menghilangkan atau mencegah FAM.

Kami lampirkan beberapa artikel terkait kesehatan payudara untuk menambah wawasan Anda:

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat dan semoga Anda lekas sembuh. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar