Sukses

Produksi ASI Berkurang

05 Sep 2015, 13:03 WIB
Wanita, 25 tahun.

dokter, saya tidak pernah minum asii bosster / supleman makanan selama masa menyusui, namun akhir2 ini asi perah saya berkurang. dalam sehari, saya bisa mendapatkan asi perah sekitar 900cc. sekarang saya hanya mendapatkan max nya 500cc - 550cc. anak saya sudah 5bulan. apakah minum asi booster bisa memperbanyak asi?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. ASI adalah makanan terbaik untuk anak, terutama pada usia 0-6 bulan.

Jumlah ASI yang normal diproduksi pada akhir minggu pertama setelah melahirkan adalah 550 ml per hari. Dalam 2-3 minggu, produksi ASI meningkat sampai 800 ml per hari. Jumlah produksi ASI dapat mencapai 1,5-2 L per harinya. Jumlah produksi ASI tergantung dari berapa banyak bayi menyusu. Semakin sering bayi menyusu, semakin banyak hormon prolaktin dilepaskan, dan semakin banyak produksi ASI. Sebaliknya, produksi ASI akan berkurang secara bertahap jika frekuensi juga berkurang. 

Jika memang ASI semakin berkurang coba frekuensi memompa nya ditingkatkan setiap 2-3 jam sekali. Karena pada dasarnya jika produksi ASI masih ada maka kemungkinan ASI untuk keluar banyak pun masih ada.

Perlu diketahui bahwa prinsip dari ASI adalah supply and demand, semakin banyak Anda menyusui (memerah) ASI maka produksi ASI pun akan semakin bertambah. Tetap semangat untuk memberikan yang terbaik untuk anak Anda.

Berikut kami lampirkan artikel yang bermanfaat untuk Anda:

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar