Sukses

Tumbuh Kembang Bayi Usia 9 Bulan

05 Sep 2015, 13:16 WIB
Wanita, 37 tahun.

anak sya laki laki lhir prematur 32 minggu, BB 1.9 kilo TB 40 cm, skrng sdh 9 bln dgn BB 8.5 kilo TB 65 Cm. msih belom tumbuh gigi dan rambutnya msih jarang sekali. sdh bsa duduk dan mnta latihan jlan, apakah sdh normal dgn kondisi sprti itu??? terima ksih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada usia 7- 9 bulan, bayi umumnya bertambah berat sebanyak 450 gram setiap bulannya dan biasanya bayi laki-laki lebih berat dibanding perempuan.Sementara itu, pertumbuhan panjang badannya akan melambat menjadi 1,25 cm tiap bulan dan lingkar kepalanya 0,6 cm per bulan. Dari panduan tersebut, maka dapat dilihat pertumbuhan anak anda tergolong dalam batas yang normal.

Sedangkan untuk perkembangannya, Pada usia ini bayi;

  • sudah mantap duduk tanpa sokongan dan merangkak, bahkan sudah mulai berusaha berdiri dan merambat.
  • Ia juga mulai bisa memegang benda menggunakan jempol dan telunjuknya, serta memasukkan benda apa pun ke dalam mulut. Anda pun mulai bisa mengajarkannya minum dari gelas.
  • Bayi sudah mulai mengenal orang, sehingga ia akan enggan untuk digendong orang tidak dikenal.
  • Sebaliknya, ia akan sangat lengket dengan ibunya. Ia sudah mulai mengenali dirinya dan senang memandang bayangan dirinya pada cermin.

Sedangkan untuk pertumbuhan gigi, Rata-rata gigi susu anak tumbuh pertama kali saat anak berusia +/-  6 bulan. Diawali dengan gigi seri bawah yang rata-rata tumbuh sekitar usia 6-10 bulan, sedangkan gigi seri atas tumbuh sekitar usia 8-12 bulan. Meski demikian, kecepatan pertumbuhan gigi antara anak yang satu dengan anak lainnya belum tentu sama. Ada yang tumbuh lebih cepat tapi ada juga yang lebih lama. Tidak sedikit anak yang baru tumbuh gigi pertama saat usianya mencapai 12 bulan, dan saat gigi tersebut keluar boleh jadi lebih dari satu gigi dalam waktu bersamaan. Hal tersebut adalah variasi normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar