Sukses

Keluar Cairan Putih Susu Dari Penis

31 May 2015, 17:54 WIB
Pria, 35 tahun.

Tanggal 25 des 2014 saya bercinta dengan seorang perempuan tanpa pengaman (ini baru pertama kali bercinta dengan selain istri). tanggal 31 des 2014 diketahui pada pagi hari ada noda seperti sperma kering di CD. pada malam hari saya melakukan ML dengan istri saya yang baru selesai haid....... setelah itu setiap pagi hari saya liat diujung penis keluar cairan mirip putih susu, tanpa rasa bau dan tidak ada gejala sakit apapun pada penis, cairanya kalau diletakkan di dua jari bisa memanjang. ketika cairan tsb saya usap pake tisu, warnanya hampir sama dan tidak bau. kadang jam 2.30 pagi saya bangun pagi dan saya urut penis dari pangkal ke ujung baru keluar cairan putih susu tsb. dan pagi harinya saya urut penis lagi tinggal sedikit sekali. pada pagi hari sampai jam 23.00 penis saya kering dan secara fisik tidak ada apa2 di penis saya. pernah saya coba siang hari penis saya urut, ada cairan bening seperti cairan semen tapi sangat sedikit, kalau tidak diurut ya tidak keluar. apakah ada infeksi di kemaluan saya dok? tanggal 5 jan 2015 saya periksa ke dokter spc kulit dan kelamin, setelah dicek secara fisik dan kalau kencing tidak sakit, katanya tidak apa2. setelah itu saya banyakin minum. tanggal 7 jan pagi hari tidak keluar, tanggal 8 jan pagi hari tidak keluar, tapi setelah saya urut penisnya keluar cairan bening mirip cairan semen, tidak bau dan tidak ada gejala apapun. sebagai catatan saya kerjanya banyak duduk dr pagi smp sore. apakah saya perlu tes laborat dok? saya takut apabila ini penyakit kelamin menular ke istri saya. kalau wanita perlu cek ke dokter spkk atau kandungan? tes lab apa yang perlu dilakukan untuk saya dan istri saya dok? saya bener2 tobat dan ingin kembali ke jalan Allah. tolong segera dijawab ya dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluarnya cairan seperti nanah dari kemaluan dan gangguan berkemih, merupakan suatu pertanda adanya proses infeksi pada saluran kemih/kemaluan. Adapun infeksi yang dimaksud umumnya disebabkan oleh kuman yang dapat ditransmisikan melalui hubungan seksual seperti gonore, klamidia, dan kuman lainnya. Infeksi kuman yang berbeda menyebabkan jenis cairan yang berbeda. Diagnosis perlu ditentukan dengan pemeriksaan langsung.

Penyebab tersering kencing nanah adalah Gonorea/Raja singa. Gonore / Kencing Nanah / Raja Singa merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang pada umumnya ditularkan melalui hubungan kelamin, tetapi juga kontak secara langsung dengan eksudat yang infektif.

Pada pria, awalnya terdapat rasa gatal dan panas di sekitar uretra, saluran yang menghantarkan urin dari kandung kemih ke luar tubuh. Selanjutnya, terdapat rasa nyeri saat buang air kecil dan keluar sekret kental berwarna keruh dari ujung uretra yang kadang-kadang disertai darah. Bila infeksi sudah semakin lanjut, nyeri akan semakin bertambah dan sekret semakin kental dan keruh. Selain itu terdapat nyeri pada waktu ereksi dan terkadang terdapat pembesaran kelenjar getah bening di selangkangan.

Antibiotik adalah pengobatan untuk gonore. Antibiotik yang diberikan dapat berupa suntikan atau obat minum yang diberikan dalam dosis tunggal. Salah satu syarat dalam pengobatan infeksi menular seksual adalah selama pengobatan sampai dinyatakan sembuh, suami Anda perlu melakukan abstinens (puasa melakukan hubungan seksual). Hal ini untuk memastikan agar tidak terjadi kekambuhan.

Selain itu, karena penyakit ini merupakan infeksi menular seksual yang ditularkan lewat hubungan seksual maka untuk menghentikan kekambuhan adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual yang tidak aman dan/atau berganti-ganti pasangan. Pasangan seksual juga perlu dilakukan pemeriksaan dan diobati.

Penyakit ini dapat disembuhkan dan tidak memerlukan rawat inap. Pada pria, gonore dapat menyebabkan epididimitis (inflamasi pada saluran pengeluaran sperma) yang dapat menyebabkan kemandulan jika tidak ditangani dengan baik. Gonore dapat menyebar melalui darah dan sendi. Kondisi ini dapat mengancam jiwa.

Kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk diagnosis dan terapi lebih lanjut.

Untuk informasi lengkap Anda, Anda dapat membaca artikel berikut:

Gonore

3 Gejala dari Penyakit Menular Seks

11 Tanda Anda Tertular Penyakit Menular Seksual

Kondom Berkualitas Efektif Cegah PMS

Tanda-tanda Penyakit Menular Seksual dalam Rongga Mulut

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar