Sukses

Gigitan Kutu Air (Daphnia)

07 Jul 2015, 15:16 WIB
Pria, 32 tahun.

Selamat siang dokter, semoga dokter dalam keadaaan sehat. Saya bekerja dalam bidang kolam renang dan baru kali ini kami mendapatkan kasus mengenai Kutu Air (Daphnia). Kabarnya ada salah satu costumer kami kena gigitan kutu air tersebut yang hidup dalam kolam renang. Apakah daphnia ini mengigit dan berbahaya? Mohon penjelasannya. Dan penanganan untuk menangatasinya. kami sudah mencoba membuat air kolam menjadi asam tetapi tidak ada efeknya dan daphnia tetap hidup. Terima kasih atas waktu dan informasinya Dokter.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami akan sedikit menjelaskan mengenai Daphnia dan Moina yang juga dikenal sebagai kutu air. Daphnia dan Moina merupakan zooplankton yang termasuk dalam keluarga Arthropoda , kelas crustacea dan ordo caldocera. Keduanya merupakan jenis udang renik.

Kutu air (Daphnia dan Moina) sering dibudidayakan sebagai pakan benih ikan dan jenis ikan hias, biasanya bergerombol mengambang di permukaan air dan berwarna coklat kemerahan. Kutu air ini tidak hidup sebagai parasit (makhluk yang merugikan) sebagaimana kutu lain yang hidup di luar air. Gigitan daphnia ini pun tidak berbahaya bagi kesehatan sehingga anda tidak perlu khawatir mengenai kondisi ini.

Gigitan Kutu air (daphnia) perlu dibedakan dari penyakit kutu air / Athlete’s foot yang disebabkan oleh infeksi jamur. Untuk menegakkan diagnosis secara pasti, perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung. Bila penderita merasakan adanya keluhan kulit, maka perlu diperiksakan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Athlete's foot

Jawaban TanyaDok.com di : http://www.tanyadok.com/artikel-konsultasi/serba-serbi-air-tanah-untuk-mandi-dan-diminum

 

Athlete's foot

Jawaban TanyaDok.com di : http://www.tanyadok.com/artikel-konsultasi/serba-serbi-air-tanah-untuk-mandi-dan-diminum

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar