Sukses

Ingin Menunda Momongan

08 Jan 2015, 11:24 WIB
Pria, 29 tahun.

Selamat pagi dok.. Saya mau bertanya,apakah setiap mengeluarkan sperma didalam berakibatkan sebuah kehamilan??Karena istri saya masik belum ingin atau blm siap mempunyai seorang anak.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kehamilan dapat terjadi jika Anda dan pasangan berhubungan seksual dengan melakukan penetrasi penis ke dalam vagina yang disertai dengan ejakulasi di dalam vagina pada saat masa ovulasi. Ovulasi adalah waktu keluarnya telur dari indung telur dan siap dibuahi oleh sel sperma dari laki - laki. Waktu terjadinya ovulasi diperkirakan 2 minggu sebelum terjadinya menstruasi berikutnya pada wanita dengan siklus haid normal (28 hari).

Untuk mengetahui masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk menghitung masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir,misalkan pola menstruasi seseorang dari Januari hingga April adalah 31 hari, 28 hari, 33 hari. Kemudian dibuat rata-ratanya. Karena rata-ratanya menghasilkan 31 hari, maka masa suburnya (ovulasi) akan terjadi pada 15-16 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya.

Jika Anda dan istri memang sedang menunda punya anak, maka sebaiknya Anda atau istri dapat menggunakan kontrasepsi seperti kondom atau KB. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter

    2 Komentar