Sukses

Sperma Dikeluarkan di Luar Vagina

08 Jan 2015, 11:16 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok,saya Leny umur 25 Thn sudah menikah. Saya mau tanya,saya kan baru berhenti Haid 1 hari yg lalu terus saya melakukan hubungan intim sama suami saya tetap suami saya mengeluarkan sperma nya di luar vagina saya sesudah di keluarkan ga lama kemudian di masukin lg ke dalam vagina saya, yg saya tanyakan apakah saya bisa hamil dok padahal saya masih belum kepengen mempunyai anak dok.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kehamilan terjadi akibat adanya pembuahan sel telur wanita oleh sperma pria. Pembuahan tersebut terjadi di dalam saluran reproduksi wanita yang disebut tuba falopii (saluran telur) Untuk mencapai saluran tersebut, sperma akan "berenang" dari lubang kemaluan atau vagina wanita ke atas, melewati rahim.  

Gambar. Struktur anatomi organ reproduksi wanita

Sperma yang dikeluarkan di luar vagina umumnya sulit untuk menyebabkan terjadinya kehamilan, oleh karena sperma membutuhkan mediasi untuk berenang dari vagina ke dalam rahim agar terjadi kehamilan. Apabila mediasi/cairan tersebut tidak ada, ditambah dengan kondisi pasangan Anda yang masih berada dalam masa menstruasinya, maka kehamilan tidak mungkin terjadi. Selain itu, sperma hanya dapat bertahan hidup selama kurang lebih 5 menit di luar tubuh. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kehamilan hanya dapat terjadi jika hubungan intim dilakukan dengan adanya penetrasi kemaluan pria (penis) ke dalam vagina. Kehamilan masih mungkin dapat terjadi namun sangat kecil, karena apabila Anda melakukan sanggama terputus, terkadang pria mengeluarkan cairan pre-ejakulasi yang mengandung sperma

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar