Sukses

Bintik-bintik di Lengan & Leher

09 Jan 2015, 10:19 WIB
Wanita, 28 tahun.

Mlm dok, dok di lengan,leher saya yg sebelah kiri terdapat bintik bintik kecil sekali, klo dilihat sekilas tdk nampak, tp klo diperhatikan trdpt bintik" kecil dan melebar serta kulit sekitar bintik" kecil itu terasa gatal dan kering. Thn 2010 yg lalu saya pernah kedokter katanya saya terkena alergi debu, cuma wkt alergi debu itu bintik"nya tdk sebanyak skrg. Saya sdh pakai cream BENSON N, awal pemakaian hilang tp setelah tdk pakai lg bintik" ini muncul lg. Apakah penyakit yg skrg sama dgn yg dikatakan dokter(thn 2010 yg lalu), klo bukan penyakit apa ini dan pengobatannya bgmana krn kemarin bintik"nya sudah sampai ke daerah rahang saya sebelah kiri tp tdk gatal, hanya kasar,kering,dan perih jika memakai pelembab wajah. Mohon dok utk penejelasan penyakit saya...tq.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami dapat memahami perasaan Anda, namun sayang kami tidak dapat berkomentar banyak mengenai penyebab keluarnya bintik pada leher dan lengan Anda. Mengingat banyaknya keadaan yang dapat menimbulkan keluhan serupa, seperti jerawat, alergi obat, eksim, infeksi, dsb. Bagaimanapun, diagnosis penyakit kulit akan lebih mudah ditegakkan melalui pemeriksaan fisis langsung oleh dokter yang kompeten.

Bila memang disebabkan alergi maka kemungkinan Anda mengalami dermatitis alergi. 

Eksim atau dermatitis alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen terhadap kulit. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan. Gejala dermatitis alergi macam-macam, bisa berupa kemerahan, gatal, bentol, iritasi dan sebagainya.

Kendati alergi bersifat genetik, seseorang tetap memiliki risiko alergi sebesar 5-15 persen tanpa mempertimbangkan ada atau tidaknya riwayat alergi pada orangtua penderita. Mengingat banyaknya alergen di luar riwayat keluarga (genetik), hendaknya Anda memperhatikan dengan lebih teliti apa yang mungkin menjadi faktor pemicu timbulnya alergi, seperti jenis makanan, kondisi udara, atau faktor pemicu lainnya.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya.

Sudahkah Anda mengetahui faktor pencetus timbulnya kondisi ini? Apakah Anda sudah pernah melakukan tes alergi?

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk mengetahui sebab pasti dan mendapatkan terapi yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter          

 

0 Komentar

Belum ada komentar