Sukses

Perih & Bentol di Vagina Setelah Berhubungan

08 Jan 2015, 10:50 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dokter sama mau nanya sekitar 3hari yg lewat saya berhubungan sama suami tapi kok setelah berhubungan saya merasa disekitar mulut vagina saya perih dan ada bentol2 merah, dan sampai sekarang masih kerasa sakit dok, itu penyebabnya apa ya? Terus cara penyembuhannya gimana?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada dasarnya untuk menentukan diagnosis suatu kelainan kulit dan kelamin diperlukan pemeriksaan fisik langsung. Melihat dari keluhan Anda yang mengatakan bahwa bentol merah pada kelamin terjadi setelah berhubungan intim dengan suami, sepertinya hal tersebut timbul akibat infeksi menular seksual (IMS). Namun tidak menutup kemungkinan pula bila hal tersebut disebabkan reaksi alergi atau iritasi. Oleh karena itu kami sarankan Anda dan suami Anda untuk menemui dan mendapatkan pengobatan dari dokter spesialis kulit dan kelamin. Keluhan tersebut akan tetap timbul bila pengobatan tidak tuntas, artinya pengobatan harus diberikan pada Anda dan suami Anda, tidak bisa hanya pada salah satu pihak saja. 

IMS atau PMS (Penyakit Menular Seksual) adalah penyakit menular yang timbul melalui hubungan seks melalui vagina, oral,dan anal. Terdapat berbagai jenis infeksi yang tergolong PMS. Ada infeksi virus, bakteri, jamur, parasit, protozoa.

Semua infeksi yang tergolong PMS tersebut memiliki perbedaan dalam hal keluhan dan gejala. Umumnya memang keluhan yang dapat menjadi pertanda adanya PMS adalah sakit saat  buang air kecil,  keputihan, ataupun adanya luka atau bintil pada bibir kemaluan. Namun, seseorang mungkin saja tidak menunjukan gejala apapun meskipun terinfeksi. Selain itu, PMS pada wanita dapat menyebabkan gejala yang lebih serius yaitu penyakit radang panggul. Jika tidak diobati, keadaan ini dapat berujung pada kesulitan memiliki keturunan. 

Yang peru Anda lakukan :

  • Menjaga kebersihan vagina dengan membersihkannya dari arah depan ke belakang (bukan sebaliknya)

  • Hindari berhubungan intim untuk sementara jika ingin berhubungan gunakan kondom

  • Jangan gunakan minyak-minyakan seperti minyak tawon dan sebaginya

  • Jaga kelembaban vagina dengan rutin mengganti pakaian dalam dan menghindari memakai pakaian dalam ketat

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar Anda dapat diperiksa dan diketahui penyebab keluhan Anda serta dapat diebrikan penanganan yang optimal.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar