Sukses

Sulit Mengeluarkan Dahak

09 Sep 2015, 14:26 WIB
Pria, 29 tahun.

Dok ditenggorokan saya kok susah buang riyak dan sering muntah itu kenapa ya..dan apa solusinya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Dahak yang tidak dikeluarkan akan terus merangsang reseptor batuk di saluran napas dan dapat sangat mengganggu. Karena itu, untuk mengatasinya dilakukan dengan mengeluarkan dahaknya.

Pengeluaran dahak dapat dibantu dengan menggunakan obat batuk yang mengandung mukolitik ataupun ekspektoran. Mukolitik berfungsi untuk memecahkan lendir yang kental sehingga lebih mudah dikeluarkan. Sementara ekspektoran berfungsi merangsang batuk agar dapat mengeluarkan dahak. Obat untuk batuk berdahak, biasanya  mengandung Ambroxol Hydrocloride atau Bromhexine Hydrocloride atau Dextrometorphan atau Gliserine Guaiacolsulfate.

Namun bila dahak telah encer tapi pasien sulit untuk batuk dan mengeluarkannya, umumnya dahak akan langsung tertelan. Anda tidak perlu khawatir akan hal ini, karena kuman pada dahak yang tertelan akan mati oleh asam lambung dan proses lain yang berjalan dalam saluran cerna.

Selain itu, mengkonsumsi banyak cairan hangat dapat membantu untuk mengencerkan lendir di daerah saluran pernapasan.

Jika dahak tidak juga dapat diatasi maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter Anda, mungkin diperlukan pengobatan dengan uap (inhalasi) untuk membantu mengencerkan dahak.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar