Sukses

Riwayat Keguguran Berulang & Ingin Memiliki Momongan

08 Jan 2015, 13:05 WIB
Wanita, 44 tahun.

Saya ingin hamil tp sdh 4x keguguran.dokter bilang faktor usia dàn dinding rahim tipis. Apa yg harus saya buat.krn di negara saya tinggal informasi kurang jelas

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat mengerti kekhawatiran dan keinginan Anda untuk memiliki buah hati. Usaha-usaha yang dapat Anda lakukan dalam memperoleh keturunan diantaranya adalah dengan melakukan hubungan seksual di sekitar masa subur Anda. Masa subur adalah masa dimana telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur). Untuk mengetahui kapan masa subur, Anda harus mengetahui berapa rata-rata siklus haid dari 3-6 siklus haid terakhir. Jika siklus menstruasi anda berlangsung teratur selama 27-28 hari, maka waktu terjadinya ovulasi anda adalah perkiraan Hari Pertama Haid Berikutnya dikurangi 14 hari. Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika anda melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu. Kemudian Anda dan pasangan juga perlu melakukan hubungan seksual yang teratur 2-3 x/minggu.

Keguguran berulang

Keguguran lebih atau sama dengan 3x disebut abortus habitualis, paling sering disebabkan oleh kelainan pada kromosom. Namun pada bebrapa kasus dapat disebabkan oleh :

1. kelainan pada pertumbuhan disebabkan oleh: kelainan kromosom, lingkungan kurang sempurna (lingkungan rahim tidak memberikan nutrisi cukup untuk si janin), pengaruh dari luar (obat-obatan, virus, radias)

2. Kelainan pada plasenta: terjadi kelainan pada pembuluh darah ari-ari, biasanya disebabkan oleh hipertensi pada ibu yang menahun

3. Penyakit ibu: beberapa penyakit dapat memperngaruhi kehamilan, seperti infeksi paru-paru, tifoid, infeksi saluran kemih, malaria. Anemia berat, serta penyakit infeksi TORCH , tiroid, diabetes, kelainan dari sistem pertahan tubuh. Penyakit yang disebut sebagai Anti phospholipid sindrom.

4. Kelainan pada organ kehamilan misalnya mulut rahim yang tidak kuat, atau kelainan pada dinding rahim

5. kelainan hormonal

6. Dapat juga disebabkan oleh keluhan emosional

Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG dan laboratorium untuk mengetahui penyebab keguguran berulang Anda sehingga Anda dapat merencanakan kehamilan Anda berikutnya agar optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar