Sukses

Alergi Tato Temporer

08 Jan 2015, 15:41 WIB
Pria, 20 tahun.

dok saya mau tanya, saya mengalami gatal gatal sehabis di tato henna (temporer) saya tidak tau kulit saya sensitif lalu setelah beberapa hari muncul seperti bintik bintik jika di garuk maka akan ada seperti cairan bening dan kulit akan terasa "mengangkat", saya sudah mencoba menggunakan bedak yang mengandung bahan salisil dan sedikit membuahkan hasil bintik bintik nya perlahan mulai mengecil. saya ingin menanyakan obat apa yang harus saya gunakan agar kulit saya kembali seperti semula tidak seperti mengangkat dengan maksimal. terimakasih

 

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan yang Anda rasakan saat ini adalah kulit gatal-gatal dan muncul bintik-bintik berisi air setelah menggunakan tato hena. Kelainan ini mengarah kepada dermatitis kontak alergi. Dermatitis kontak adalah inflamasi / peradangan pada kulit terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi. Dermatitis kontak akan menyebabkan ruam (kemerahan) yang besar, gatal dan rasa terbakar serta timbul bintik bintik kecil berisi cairan dan hal ini akan bertahan sampai berminggu-minggu. Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit tersebut.

Gejala atau keluhan ini akan timbul selama Anda berkontak dengan bahan pencetus alergi. Penanganannya yang terutama adalah menghindari kontak alergen, yang dalam hal ini Anda sudah mengetahuinya yaitu tato henna. 

Penangangan dermatitis kontak alergi bisa diatasi dengan pemberian kortikosteroid topikal (bila ringan) maupun kortikosteroid oral, namun obat tersebut digunakan atas pengawasan dokter. Sayang sekali kami tidak dapat memberikan resep terkait dengan keluhan Anda, dalam memberikan suatu terapi obat dibutuhkan adanya data wawancara medis secara lengkap, pemeriksaan fisik secara langsung untuk melihat kelainan kulit yang terjadi. Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter secara langsung agar dapat dilihat uji kelainan kulitnya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan Anda lekas pulih.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar