Sukses

Perubahan Haid Setelah Menikah

05 Aug 2015, 22:44 WIB
Wanita, 24 tahun.

Halo dok,,saya berusia 24 tahun dann sudah menikah 5 bulan. Sudah 2 siklus inii menstruasi saya membingungkan. Tgl 26 november saya Menstruasi seperti biasa selama 7 hari dengan siklus 26 hari tapi 2 minggu sejak hari pertama haid atau saat masa subur organ intim saya mengeluarkan darah merah segar persis haid kurang lebih 4 hari. Saya lalu ke dokter kandungan dann diberi obat Cyclo Progynova dann selesai minum tgl 31 desember. Pada tgl 22 desember saya haid lagi seharusnya tgl 29 sudah selesai tapi sampai tgl 3 januari masih keluar flek warna coklat kehitaman tapi tidak terlalu banyak dann tgl 4 januari atau 2 minggu setelah hari pertama haid yang seharusnya menjadi masa subur malah keluar darah merah segar (haid) lagi seperti siklus sebelumnya hanya bedanya siklus terakhir inii haid saya bisa dikatakan tidak berhenti sama sekali selama 2 minggu berbeda dengan siklus sebelumnya yang berhenti selama 1 minggu sampai memasuki masa subur dann haid lagi. Saya juga tidak merasakan sakit apapun di daerah perut, kalau haid hanya kram sedikit saja tidak sampai mengganggu aktivitas. Kira-kira itu gimana yaa dok? Sebelumnya saya tidak pernah mengalami hal seperti inii jadinya takut banget :( apaa yang harus saya lakukan?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Darah haid terdiri dari 3 komponen yaitu cairan darah, lendir, dan jaringan dinding rahim (endometrium). Warna darah haid tidak selalu merah segar, tetapi bisa berwarna agak kecoklatan atau kehitaman. Hal ini dipengaruhi oleh keadaan asam/basa dan cairan vagina.

Darah haid akan berwarna merah segar jika komposisi darah lebih banyak, warna kecoklatan jika lendir lebih banyak, dan warna kehitaman jika jaringan yang lebih banyak. Jumlah darah haid dan komponennya pun bisa berubah, tergantung kondisi perempuan saat mengalami haid. Wanita dengan anemia atau kadar hemoglobin rendah biasanya warna darah haid lebih gelap sampai kehitaman. Yang terpenting untuk diperhatikan bukanlah warna darah, tapi siklus menstruasi, durasi, dan volume perdarahan.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat. 

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar