Sukses

Konsultasi Hasil Lab

09 Jan 2015, 10:09 WIB
Pria, 33 tahun.

dok mau nanya kalo hasil mcu SGOT=57U/L,GDP=162mg/dL,kolestrol=213mg/dL,Triglisenda=360mg/dL,Asam urat=9,9mg/dL bagaimana solusi untuk menurunkannya? terimakasih untuk jawabannya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti rasa khawatir Anda, namun sebelumnya ada pertanyaan yang ingin kami tanyakan, Sekarang apa keluhan Anda? Mengapa Anda melakukan pemeriksaan darah pada awalnya? 

Setiap laboratorium darah memiliki rentang normal hasil pemeriksaan darah masing-masing. Kami akan mencoba menjawab secara umum.

Enzim Hati

Hasil pemeriksan enzim hati SGOT/SGPT dapat memberikan banyak makna. Untuk menginterpretasi hasil pemeriksaan laboratorium ini diperlukan nilai normal atau standar dari laboratorium tempat Anda diperiksa dan juga keterangan hasil pemeriksaan fisik. SGPT dan SGOT merupakan enzim-enzim pada hati yang akan meningkat jumlahnya di dalam tubuh jika hati mengalami kerusakan baik kerusakan fungsi hati secara akut maupun kronis.  Nilai normal SGOT adalah 3-45 u/L, sedangkan nilai normal SGPT adalah 0-35 u/L (terdapat sedikit variasi dari nilai normal dan sangat tergantung dari laboratorium tempat pemeriksaan). Berdasarkan hasil pemeriksaan Anda megalami peningkatan sedikit nilai SGOT. SGOT merupakan enzim hati yang terdapat di dalam sel parenkim hati. SGOT akan meningkat kadanya di dalam darah jika terdapat kerusakan sel hati. Namun SGOT tidak spesifik hanya terdapat di dalam hati. SGOT juga dapat ditemukan di sel darah, sel jantung dan sel otot, karena itu peningkatan SGOT tidak selalu menunjukkan adanya kelainan di sel hati.

Gula Darah

Kadar gula darah yang jelas mengindikasikan diabetes adalah yang berada dalam kisaran > 200 mg/dl untuk kadar gula darah sewaktu (GDS) atau >=126 mg/dl untuk kadar gula darah puasa (GDP). dan juga perlu diperiksa Kadar gula darah saat 2 jam setelah minum larutan glukosa 75 gram (2 jam post prandial/2jamPP). Bila kadarnya >=200 mg/dl maka dapat dipastikan Anda menderita diabetes, kadar 140-199 mg/dl dikatakan Anda menderita gangguan toleransi glukosa, dan kadar < 140 mg/dl menandakan bahwa Anda tidak menderita kedua keadaan tersebut (normal). Bagaimana dengan hasil GD2PP Anda?

Kolesterol

Nilai kolesterol total yang baik sebaiknya < 200 mg/dL. Jika nilainya 213 mg/dL maka terdapat peningkatan dan dapat meningkatkan risiko kejadian penyakit kardiovaskular. Selain kadar kolesterol total, perlu juga diketahui profil lipid Anda secara keseluruhan, yaitu: kadar kolesterol LDL, kolesterol HDL, trigliserida. Profil lipid yang lengkap memberikan informasi yang lebih menyeluruh. 

Kadar trigliserida normalnya adalah < 150 mg/dL. Nilai Anda adalah 360 maka termasuk tinggi. Kadar trigliserida yang dipercaya didapatkan setelah puasa 8-12 jam sebelumnya. Keadaan kadar trigliserida yang tinggi  seperti pada hasil pemeriksaan Anda, dapat dilatarbelakangi oleh konsumsi alkohol, peningkatan berat badan, pola makan yang memiliki kadar gula atau lemak yang tinggi serta gaya hidup malas berolahraga. Kadar trigliserida yang tinggi dapat berperan dalam proses terjadinya aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah), penyakit jantung, dan stroke.

Asam Urat

Nilai normal asam urat berkisar 2.4-6.0 mg/dL (wanita) dan 3.4-7.0 mg/dL (pria). Kadar asam urat yang meningkat dapat meningkatkan risiko gangguan ginjal.

Berdasarkan data yang ada kami sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat ditangai dan diberikan pengobatan yang sesuai. Karena bila dibiarkan berlarut-larut peningkatan kadar asam urat dan kolesterol dapat menyebabkan gangguan dan berbahay bagi tubuh. Kadar gula darah Anda pun perlu dieriksa kembali. Saat ini sebaiknya Anda menerapkan gaya hidup sehat dan mengikuti tips diet seperti yang terdapat di artikel-artikel berikut:

 

 

Kami sertakan juga artikel-artikel berikut:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar