Sukses

Air Ketuban Kurang

07 Jan 2015, 10:37 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dokter saya ingin tanya, kemarin hasil usg saya dinyatakan kurang air ketuban, langkah apa yg harus saya lakukan untuk menormalkan krmbali kandungan saya??

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi di Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Air ketuban yang berkurang/sedikit di dalam dunia medis dikenal dengan nama oligohidramnion. Air ketuban adalah cairan yang dihasilkan oleh janin dan selaput yang mengelilinginya. Oligohidramnion dapat disebabkan karena kehamilan lewat waktu, gangguan pertumbuhan pada janin, penyakit ibu (tekanan darah tinggi, diabetes), atau gangguan ginjal pada janin. 

Oligohidramnion dapat menyebabkan gangguan tumbuh-kembang pada janin atau komplikasi selama kehamilan. Hal ini harus terus dipantau oleh dokter untuk memastikan kadar air ketuban cukup dan perkembangan janin sesuai dengan masa kehamilan. Yang dapat Anda lakukan saat ini adalah meningkatkan asupan makanan sehat dengan gizi seimbang, tingkatkan asupan cairan, banyak istirahat, hindari merokok atau perokok pasif.

Untuk mengevaluasi tumbuh kembang janin serta kondisi kandungan Anda, kami sarankan agar Anda rutin memeriksakan kehamilan pada fasilitas medis terdekat agar perkembangan janin selalu terpantau. Dan segeralah ke dokter jika mengalami gangguan kehamilan yang tidak diinginkan. Jangan mengkonsumsi segala bentuk obat atau produk nutrisi tanpa sepengetahuan dokter.

Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai nutrisi dalam kehamilan melalui Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki. Anda juga dapat menggunakan fitur Kalender Kehamilan yang berisikan info kehamilan dari minggu 1-40 beserta tipsnya di halaman depan website kami. 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga Anda dan janin dalam kandungan sehat selalu hingga persalinan!

Salam sehat, 

0 Komentar

Belum ada komentar