Sukses

Feses Berwarna Hijau

09 Sep 2015, 21:51 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dokter, saya hendak bertanya. Akhir akhir ini saya mengeluarkan feses berwarna hijau dok. Awalnya bermula dari ketika saya minum kopi, feses saya berwarna hijau gelap cenderung hitam. Setelah saya tidak minum kopi, feses saya kembali normal. Kemudian beberapa waktu yang lalu feses saya berewarna hijau lagi, dengan bercampur feses berwarna kuning. Apakah ada masalah dengan kesehatan pencernaan saya dok? Tolong berikan saya keterangan yang lebih jelas dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Feses dapat muncul dalam beberapa warna, warna feses coklat hingga hijau bisa termasuk dalam keadaan normal. Warna feses sangat tergantung dengan apa yang kita konsumsi. Feses yang berubah menjadi hijau dapat terjadi karena makanan yang terlalu cepat melalui usus besar sehingga tidak sempat dicerna dengan sempurna oleh empedu, misalnya pada keadaan diare.  Feses berwarna hijau juga bisa berart Anda hanya mengkonsumsi makanan yang mengandung rendah lemak seperti sayuran hijau yang banyak, atau makanan yang mengandung perwarna hijau.

Apakah Anda mengalami keluhan lain? Apabila tidak ada keluhan lain seperti nyeri perut, diare, demam maka belum perlu dikhawatirkan, namun Anda juga bisa mencatat apa saja yang Anda konsumsi sebelum munculnya feses yang berwarna hijau dan perhatikan makanan Anda sehari-hari. Apabila hal ini masih terjadi atau disertai keluhan lainnya, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk mengetahui diagnosis dan terapi yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar