Sukses

Luka Lecet Pada Wajah, Bisa Sembuh?

28 Apr 2015, 07:53 WIB
Pria, 30 tahun.

Kpd yth dokter kulit saya ingin konsultasi : anak sy berumur 3thn. Dia terserempet motor dan kulit bagian jidat, alis dan pipinya lecet terkena jalan semen. Setelah sy rontgen di RS terdekat, info dr dokter dsana hanya terjadi luka lebam saja. Yg menjadi pertanyaan saya, apakah lecet pada bagian wajah tersebut apabila sembuh, akan kembali seperti kulit wajah semula, atau akan ada bekas lecetnya? Jika dikhawatirkan ada bekas lecetnya pada waktu sembuh, obat apa yg bisa dipakai agar kulit wajahnya bisa seperti semula. Demikian atas jawaban dokter, saya haturkan terima kasih. Salam menuju indonesia sehat!!!

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Wajah merupakan bagian kulit tubuh yang mempunyai daya regenerasi (perbaikan diri) yang baik. Sehingga apabila luka tidak dalam (hanya lecet saja), maka pada umumnya dapat sembuh dengan baik. Namun apabila luka cukup dalam, maka dalam proses penyembuhannya dapat meninggalkan bekas luka.

Bekas luka yang terjadi, dapat berupa bekas luka yang menghitam (hiperpigmentasi), menjadi berkas berwarna putih (hipopigmentasi) atau menjadi jaringan berlebih (keloid).

Saat ini, yang perlu dilakukan adalah menjaga luka agar tetap bersih dan jauh dari kuman. Segera setelah terjadi luka, cucilah luka tersebut dengan air bersih yang mengalir. Jika luka besar, anak Anda mungkin membutuhkan bantuan tenaga medis untuk membersihkan dan merawat luka tersebut. Luka akan dicuci dengan cairan steril dan antiseptik untuk menghilangkan kontaminasi kuman yang ada. Luka juga harus diberikan antibiotik, bisa dalam bentuk bubuk atau salap. Setelah itu, harus ditutup agar tidak terkena air kotor. jaga luka agar tetap kering dan Jika terkena air, segera keringkan.

Jika luka sudah terinfeksi, kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut, sebelum infeksi tersebut menyebar dan memberat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar