Sukses

Sunat & Impotensi

07 Jan 2015, 09:54 WIB
Pria, 26 tahun.

wanita nonmuslim yg sy dekati meminta sy untuk bersunat meski sy jg nonmuslim. kepada dokter spesialis apakah saya harus bertanya, dan apakah malpraktek sunat bisa megakibatkan impotensi, terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sunat / sirkumsisi merupakan suatu prosedur yang bertujuan untuk membuang bagian ujung dari kulit penis. Dari sudut pandang medis sunat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa contoh manfaat yang didapat setelah sunat;

  • Mencegah penumpukan smegma, yaitu zat lengket, berwama putih yang sering berbau tidak sedap di lipatan kulit kulup. 
  • Sunat juga dapat mengurangi sisa-sisa kotoran yang ada di sekitar kepala penis dan lipatan kulit.
  • Pria yang disunat lebih higienis, memudahkan pembersihan.
  • Memperlama hubungan badan, karena kulit kulup yang sensitif sudah dibuang.
  • Menghindari disfungsi ereksi, karena tingkat kesensitifan kepala penis berkurang akibat terbiasa kontak dengan kain celana dalam.
  • Menghindari penyakit akibat jamur dan berbagai penyakit infeksi lainnya.
  • Mencegah penyakit berbahaya AIDS, cepatnya penis mengering setelah kontak seksual, mempersingkat harapan hidup HIV di penis setelah kontak seksual dengan pasangan dengan HIV-positif.

Pada umumnya tindakan sirkumsisi tidak akan menimbulkan kelainan pada fungsi alat kelamin karena yang dibuang hanyalah bagian ujung dari kulit luar penis. Akan tetapi, seperti halnya prosedur pembedahan lain, apabila tidak dilakukan dengan hati-hati bisa saja timbul kecelakaan yang dapat menimbulkan luka / perubahan bentuk. Akan tetapi, di tangan dokter yang terlatih umumnya hal ini jarang dialami.

Sebetulnya Anda tidak perlu khawatir, disunat karena kesuburan dan impotensi memiliki banyak faktor yang mempengaruhi seperti hormon, obat, penyakit sistemik yang menyertai, genetik, dan bahkan toksin lingkungan serta radiasi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Hoschke, B et al (2013) pada 10.000 pria di Jerman menunjukan bahwa tidak ada hubungan antara sunat dengan disfungsi ereksi dan impotensi. Penelitian ini merupakan penelitian terbesar mengenai impotensi. 

Anda dapat melakukan tindakan sunat di dokter umum atau dokter bedah di klinik atau rumah sakit.

Kami lampirkan beberapa artikel terkait sunat untuk Anda baca:

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar