Sukses

Sering Bersin & Keluar Ingus

08 Jan 2015, 15:39 WIB
Pria, 25 tahun.

Sy punya keluhan udh 3 thn pd hidung sy selalu gatel, kering, bersin dan keluar ingus bening keluar tiap hari smpt ke dokter tht katanya tidak ada kelainan namun sy risih dgn keadaan sprti ini. Tolong solusinya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda saat ini adalah sering bersin, keluar ingus, gatal dan kering. Keluhan yang Anda alami kemungkinan adalah rinitis alergi. Rhinitis alergi adalah penyakit peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi pada pasien-pasien yang memiliki atopi (riwayat keturunan alergi), yang sebelumnya sudah tersensitisasi atau terpapar dengan allergen (zat/materi yang menyebabkan timbulnya alergi) yang sama serta meliputi mekanisme pelepasan mediator kimia ketika terjadi paparan ulangan dengan allergen yang serupa.

Pada dasarnya alergi adalah reaksi tidak normal pada sistem kekebalan tubuh. Hingga sekarang, para ahli belum menemukan faktor utama penyebab alergi. Namun hipotesis yang ada menyebutkan bahwa alergi bisa didapat melalui faktor keturunan/genetik. Alergi seseorang akan kambuh jika sistem kekebalan tubuhnya bereaksi berlebihan terhadap suatu zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Pada umumnya alergi tidak berakibat serius bagi penderitanya, namun dalam beberapa kasus, penderita alergi akan mengalami reaksi alergi yang dapat berakibat fatal. Manifestasi alergi sendiri bervariasi pada setiap individu, seperti gejala di kulit, saluran pernapasan, dan lainnya. 

Gejala klinis yang khas adalah terdapatnya serangan bersin yang berulang-ulang terutama pada pagi hari, atau bila terdapat kontak dengan sejumlah debu. Sebenarnya bersin adalah mekanisme normal dari hidung untuk membersihkan diri dari benda asing, tetapi jika bersin sudah lebih dari lima kali dalam satu kali serangan maka dapat diduga ini adalah gejala rhinitis alergi. Gejala lainnya adalah keluar ingus (rinore) yang encer dan banyak.  Hidung tersumbat, mata gatal dan kadang-kadang disertai dengan keluarnya air mata.

Terapi yang dilakukan adalah :

  • Terapi yang paling ideal adalah dengan menghindari kontak dengan allergen penyebab. Bagaimana dengan Anda? apakah Anda mengetahui penyebab munculnya bersin dan pilek?

  • Pengobatan, penggunaan obat antihistamin H-1 adalah obat yang sering dipakai sebagai lini pertama pengobatan rhinitis alergi atau dengan kombinasi dekongestan oral. Obat Kortikosteroid dipilih jika gejala utama sumbatan hidung akibat repon fase lambat tidak berhasil diatasi oleh obat lain

Untuk mengurangi kekambuhan alergi, Anda dapat melakukan tips berikut:

  • Lindungi diri terhadap suhu yang dingin

  • Pastikan rumah bersih

  • Pasang filter udara

  • Kenakan masker saat membersihkan rumah atau berada di dalam wilayah berpolusi

  • Konsumsi makanan mehat seperti sayur dan buah

  • Minum banyak air membantu menipiskan mukosa saluran napas sehingga meringankan alergi Anda

  • Penguapan di hadapan wadah berisi air panas lalu tutupi kepala dengan handung dan hirup uapnya. Bila dilakukan secara rutin, metode penguapan ini bisa mengurangi gejala alergi Anda

  • Hindari asap rokok

 

Namun kami sarankan sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis THT agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh sehingga dapat diketahui penyebab dari keluhan Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar