Sukses

Gigi Kuning dan Berantakan

06 Jan 2015, 16:14 WIB
Pria, 24 tahun.

Assalamu'alaikum dok sy Pny masalah dgn warna gigi saya yg kuning semenjak kecil dan tidak rapi ada yg kedepan dan kebelakang gigi-giginya padahal saya bukan perokok cmn sering minum kopi dan teh dok kira2 solusinya bagaimana dan berapa kira2 biayanya y dok?

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan e-konsultasi.

Saya memahami kekhawatiran Anda. Perubahan warna gigi ada yang intrinsik (dari dalam tubuh) dan ekstrinsik (dari faktor di luar tubuh). Makanan dan minuman seperti teh dan kopi yang merupakan minuman kesukaan Anda serta kebiasaan  merokok dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi, konsumsi obat antibiotik jenis tetrasiklin pada masa kanak-kanak atau pada ibu hamil juga menyebabkan terdapatnya perubahan warna yang cukup berat pada gigi.

Memutihkan gigi sebaiknya dilakukan setelah berkonsultasi dahulu ke dokter gigi, dan perlu Anda ketahui bahwa merubah warna gigi menjadi lebih putih tidak dapat hanya dilakukan dengan menyikat gigi. Memang ada bahan-bahan pemutih gigi yang beredar di pasaran dan dapat dibeli secara bebas tanpa resep dokter, namun konsumen sebaiknya terlebih dahulu mendapatkan informasi secara lengkap mengenai indikasi dan macam bahan pemutih gigi serta efek samping yang mungkin akan dialami pasien. Biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatan dental bleaching bervariasi, namun memang relatif  cukup mahal. Untuk sekedar informasi dan perbandingan, biaya perawatan pemutihan gigi di salah satu klinik di Jakarta menetapkan biaya Rp 3.500.000.

Gigi yang posisinya tidak baik dan tidak rapi tentu saja sangat mengganggu baik dari segi estetik juga dari segi kesehatan. Untuk memastikan perawatan yang tepat guna didapatkan susunan yang rapi dan perbaikan estetik. Dalam merapikan posisi gigi-gigi dapat dilakukan perawatan orthodonti atau kawat gigi sehingga posisi gigi mejadi rapi dan didapatkan harmonisasi dari gigitan gigi rahang atas dan rahang bawah. Tujuan utama dari perawatan orthodontik atau kawat gigi tidak hanya untuk memperbaiki estetika pasien. Gigi yang posisinya tidak normal/berjejal/gigitan rahang atas dan bawah yang tidak normal dapat berpotensi untuk menimbulkan masalah lain yang lebih berat, oleh karena itu perawatan tersebut bertujuan untuk memperbaiki oklusi atau hubungan gigit antara gigi atas dan bawah, memperbaiki posisi gigi yang tidak normal  hingga didapat hubungan gigi geligi yang harmonis di dalam lengkung rahang yang normal, dengan demikian dengan sendirinya estetika wajah pasien akan lebih baik daripada sebelum perawatan, Biaya perawatab ini berkisar antara Rp 5.000.000 keatas bahkan sampai puluhan juta bergantung dari alat dan kondisi gigi pasien.

Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca.

A-Z bleaching

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani

0 Komentar

Belum ada komentar