Sukses

Plasenta Previa

07 Jan 2015, 15:08 WIB
Pria, 26 tahun.

dokter saya mau tanya istri saya hamil 22 minggu terjadi pendarahan. setelah di usg terjadi placenta pravia.bagaimana caranya supaya istri saya bisa melahirkan secara normal?

dr. Mega Putri

Dijawab Oleh:

dr. Mega Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Letak plasenta atau ari-ari yang tidak pada tempatnya dalam dunia medis disebut sebagai plasenta previa. Gejala awal yang dialami penderita adalah perdarahan tanpa adanya nyeri, kendati pada beberapa wanita tidak mengeluhkan gejala apapun dan kelainan hanya terlihat saat menjalani pemeriksaan USG. Kondisi plasenta previa seringkali dialami pada akhir kehamilan trimester ke 2, dan tidak disebabkan oleh anemia.

Berikut adalah jenis plasenta previa yang perlu Anda ketahui:

  • Lengkap (total): jalan lahir benar-benar tertutup plasenta
  • Parsial: jalan lahir sebagian tertutup plasenta
  • Marginal: plasenta di tepi jalan lahir.

Hingga kini belum ada satupun terapi yang dapat memperbaiki kondisi plasenta previa. Apabila usia kehamilan mencapai 32 – 36 minggu dan plasenta belum juga berubah posisi, besar kemungkinan proses kelahiran harus ditempuh dengan cara operasi.

Agar kondisi tidak bertambah parah, kami sarankan Anda untuk melakukan beberapa tips sebagai berikut:

  • Istirahat total dan tidak melakukan aktivitas yang berlebih
  • Tidak melakukan hubungan seksual (hingga Dokter mengkonfirmasi adanya perubahan letak plasenta melalui pemeriksaan USG, atau tidak sama sekali bila Anda salah satu penderita plasenta previa lengkap)

Kami sarankan Anda untuk kembali konsultasi ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk memperoleh gambaran kondisi, diagnosa dan tata laksana terbaik dari kondisi yang ada.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar