Sukses

Nyeri Dada kiri

08 Jul 2015, 15:49 WIB
Pria, 21 tahun.

Saya mw bertanya, jika seorang pria usia 50 thn dok, sewaktu dia bermain golf tiba tiba dia merasakan tertekan di bagian dada kiri, sakitnya itu menjalar ke bahu nya juga. Pada saat itu jg ada temennya dokter ngasih obat yg di bawah lidah (gak tau obat apa). Sebenarnya apa yg terjadi dgn bapak ini? Trus apa sih yg diberikan si dokter itu, bener ga apaa yg dilakuakan dokter itu? Dan bagaimana seharus nya penanganan penyakit yg id derita bapak ini? Terimakasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Terdapat nyeri dada yang khas untuk penyakit jantung, yaitu digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina.

Gejala ini biasanya terjadi pada pederita penyakit jantung koroner dimana terjadi sumbatan pada pembuluh darah jantungnya.

Untuk penanganan awal dan terapi segera adalah dengan memerikan obat yang dapat memperlebar pembuluh darah (vasodilator). Yang termudah dan agar efek terapi timbul lebih cepat adalah dengan meletakkannnya dibawah lidah karena terdapat banyak pembulh darah yang besar di area tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar