Sukses

Mengatasi Gula Darah Meningkat

07 Jan 2015, 15:29 WIB
Wanita, 34 tahun.

Syalom, Selamat Siang Dokter, Saya Sil, dan saya ingin konsul masalah gula darah saya, karena baru2 ini saya sempat sakit dan menurut dokter yang memeriksa gula dara saya 200, yang ingin saya tanyakan, saya biasa nya berolah raga seperti Main Tenis Lapangan, Fitnes Dan Latihan Bela diri, tetapi kenapa bisa ya gula darah saya sampai 200, jujur saya orang yang selalu memperhatikan masalah kesehatan, hanya hasil pemeriksaan Lab Menunjukan seperti itu, langkah apa yang harus saya lakukan, dan apakah Gula darah bisa disembuhkan??? sering ketakutan menghantui saya sehingga saya terkadang bingung mau berolah raga tapi takut, dan juga selain terkena gula darah saya juga punya maagh akut dok, terkadang membuat saya pusing, mohon petunjuknya bapak/ ibu Dokter, terima kasih, GBU

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. 
 
Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa pertanyaan yang ingin kami sampaikan. Apakaha saat mengambil darah, Anda melakukan puasa? atau pengambilan darah sewaktu / puasa 2 jam setelah makan? pertanyaan ini diajukan karena hasil pemeriksaan gula darah mempunyai 3 jenis pemeriksaan yaitu gula darah puasa, sewaktu dan dua jam puasa setelah makan, dimana ketiga hasil ini masing-masing mempunyai nilai hasil pemeriksaan yang berbeda.
 
Diabetes dapat didiagnosis dengan salah satu hal berikut: 
  • Kadar gula darah puasa sama dengan atau lebih besar dari 126 mg/dL
  • Hasil tes gula darah sewaktu (hasil pemeriksaan sesaat pada suatu hari tanpa memperhatikan waktu makan terakhir ) lebih dari 200 mg/dL disertai dengan gejala klasik
  • Anda memiliki tes toleransi glukosa oral dengan hasil lebih dari 200 mg/dL
  • Tes A1c Anda lebih besar dari 6,5%

 

Peningkatan kadar gula darah tidak selalu dipastikan bahwa seseorang tersebut langsung terdiagnosa diabetes, untuk dapat memastikannya diperlukan pemeriksaan fisik oleh dokter sebagai pemeriksaan lanjutan dan pemeriksaan tambahan seperti tes toleransi glukosa. 

Bila nanti benar Anda terdiagnosa diabetes, diabetes dikelola melalui edukasi, pengaturan makanan (diet), aktivitas fisik, dan obat-obatan jika perlu. Orang dengan diabetes harus menggunakan alat tes gula darah yang dapat digunakan di rumah dan kantor untuk memantau kadar gula, kolesterol, dan trigliserida (sejenis lemak) dalam darah. 

Diabetes dapat dikendalikan dengan: 

  • terapi insulin (suntik) atau obat anti diabetik oral
  • perencanaan makan yang baik, melakukan 3J (Jumlah, Jadwal, dan Jenis)
  • Olahraga teratur 
  • Monitor kadar glikemik, diskusikan target kadar glukosa darah dengan dokter Anda

 

Mengenai keluhan Maag yang Anda rasakan saat ini, berikut kami lampirkan ertikel untuk menambah informasi Anda: 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar