Sukses

Penyebab Nyeri Dada

06 Jan 2015, 14:19 WIB
Pria, 46 tahun.

istri saya umur 50 thn sudah 5 bulan yg lalu merasakan nyeri dada bagian tengah, namun nyeri tsb bisa timbul hanya kadang2 saja, kondisi badan normal, apakah istri sy tersebut menderita psikotomatis Dok? sebab dimasanya yg sekarang selain masih bekerja juga pada masa pra menopouse….

Terima kasih Anda telah menggunkan layanan e-konsultasi klikdokter.

Salam kami untuk istri Bapak tercinta.

Kami mengerti kekhawatiran yang Bapak rasakan. Keluhan istri Bapak saat ini adalah nyeri dada bagian tengah. Keluhan nyeri di dada dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan kulit, otot, tulang, paru-paru, saluran pencernaan, atau jantung. 

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberian obat lambung atau maag.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati.

Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.

Untuk menambah informasi Bapak, berikut kami jelaskan mengenai gejala pre-menopause.

Gejala-gejala perimenopause di antaranya adalah :

  • Perubahan periode menstruasi (memendek/memanjang, lebih banyak/lebih sedikit atau tidak menstruasi sama sekali)
  • Hot flashes
  • Keringat malam
  • Kekeringan pada vagina
  • Gangguan tidur
  • Perubahan mood (depresi, mudah tersinggung)
  • Nyeri ketika bersanggama
  • Infeksi saluran kemih
  • Inkontinensia urin (tidak mampu menahan keluarnya air seni)
  • Tidak berminat pada hubungan seksual
  • Peningkatan lemak tubuh di sekitar pinggang
  • Bermasalah dengan konsentrasi dan daya ingat

Mengingat begitu banyaknya penyebab dari keluhan  nyeri dada, untuk memastikan penyebab dari keluhan istri Bapak, kami sarankan agar istri Bapak berkonsultasi lebih lanjut secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan wawancara medis yang lebih mendetil dan pemeriksaan lanjutan, termasuk pemeriksaan stress test bila perlu. Dengan demikian dapat ditentukan penyebab pastinya dan segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Bapak:

Nyeri Dada

Waspadai Nyeri Dada Waspadai Serangan Jantung 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar