Sukses

Bintik Hitam & Putih di Paha

07 Jan 2015, 19:20 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dokter, paha saya bersatu karena saya gemuk. Jadi dipaha saya ada bintik hitam dan ada bintik putih. Dipicit macam keluar seperti komedo, itu apa iya dok? Kadang bintik merah keras macam bisul dok itu apa? Terkadang selangkahan saya merah dan seperti ganti kulit? Penyebabnya apa dok

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda saat ini adalah bintik hitam dan putih di paha dan merah di daerah selangkangan. Keluhan Anda bisa berhubungan dengan biang keringat.  Untuk memastikan benar tidaknya adanya biang keringat pada Anda, memang memerlukan pemeriksaan langsung untuk melihat kelainan kulit yang terjadi. Namun, berikut beberapa informasi mengenai miliaria yang dapat Anda ketahui. 

Miliaria/biang keringat atau keringat buntet memiliki bermacam bentuk, seperti:

  • Miliaria Kristalina

Sumber: http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/images/ency/fullsize/2891.jpg

  • Miliaria Rubra

Sumber: http://www.aafp.org/afp/2008/0101/afp20080101p47-f6.jpg

  • Miliaria Profunda

Sumber: http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/images/ency/fullsize/2093.jpg

Pada ketiga jenis miliaria tersebut tidak diperlukan pengobatan khusus. Tindakan yang dapat dilakukan adalah cukup dengan menghindari panas yang berlebihan, mengusahakan ventilasi yang baik, pakaian tipis dan menyerap keringat. Anda juga dapat memberikan bedak yang mengandung kandungan salisil 2% dan mentol. Sedangkan jika mengalami peradangan (ditandai dengan kemerahan yang sangat banyak dan menyeluruh) dapat diberikan salep antibiotik. Namun tentunya pemberiannya harus atas persetujuan dokter spesialis kulit yang menangani. Kami sarakan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin jika keluhan dirasakan semakin menganggu.

Untuk informasi lengkap Anda, kami sertakan artikel: Biang Keringat, Biang Masalah. Perlu diketahui jenis biang keringat, kemudian mencegah dan mengatasinya dengan menghindari panas, melap keringat segera dan mengenakan baju yang nyaman jika Anda termasuk mudah mengalami biang keringat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar