Sukses

Insomnia Vs. Kerja Jantung

07 Jul 2015, 16:48 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok, sebenarnya adakah hubungan atau pengaruh gangguan insomnia dengan sistem kerja jantung? Bila ada bagaimana?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Menurut Sebuah studi yang telah dilakukan selama 14 tahun dan melibatkan 1741 pria dan juga wanita, yang  dilakukan oleh tim peneliti di Penn State, dr. Alexandros N. Vgontzas dan rekan-rekannya menunjukkan bahwa insomnia sangat berhubungan dengan masalah fisik sehingga menjadi masalah kesehatan yang sama seriusnya dengan sesak napas di saat tidur.

Dalam penemuan awal, dr. Vgontzas dan timnya menemukan bahwa baik wanita maupun pria dengan insomnia lebih sering mengalami tekanan darah yang lebih tinggi, diabetes dan defisit neurokognitif jika dibandingkan dengan mereka yang tidur secara normal.

Ketika tidur, tubuh kita mengistirahatkan diri. Denyut jantung dan tekanan darah menjadi lebih rendah, sistem persarafan berisitirahat. Dan diperlukan 7-8 jam setiap hari untuk mengistirahatkan tubuh manusia. Jika tidak bisa mendapatkan hal tersebut, seseorang menjadi mengalami keadaan stres kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Kami sertakan pula artikel terkait topik insomnia;

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar