Sukses

Tes Keperawanan

22 Jan 2015, 20:52 WIB
Wanita, 21 tahun.

dok.mau tanya..dulu pernah melakukan seks sampai mengeluarkan darah dan melakukan 6 kali..karna takut tidak perawan lagi,2 bulan berikutnya cek ke dokter dengan cara memasukkan jari..dan hasilnya dokter bilang masih perawan..apakah benar pernyataan itu dan elastiskah selaput daranya? terima kasih

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Saya mengerti kekhawatiran Anda tentang keperawanan . Pertama izinkan saya menjelaskan tentang konsep keperawanan.

Dua konsep yang dipahami masyarakat berkaitan dengan keperawanan perempuan adalah:

- Hilangnya keperawanan ditandai oleh robeknya himen perempuan, (Definisi Medis)

- Hilangnya keperawanan karena telah berhubungan intim untuk pertama kali, (Definisi Sosial)

Mana konsep keperawanan yang anda gunakan?

Himen merupakan membran tipis yang ada di dekat bukaan vagina, bagian tengahnya bolong sehingga darah menstruasi dapat keluar. Sebetulnya, himen perempuan dapat robek walau tidak melakukan hubungan intim, yaitu karena kecelakaan, aktivitas seperti naik kuda, senam, bersepeda, penggunaan tampon, masturbasi. Bahkan ada juga perempuan yang tidak memliki himen. Keadaan ini secara definisi medis dinyatakan sudah tidak perawan walaupun belum pernah berhubungan seks.

Sebaliknya ada juga keadaan dimana perempuan sudah berhubungan intim, namun himennya masih utuh, yang disebut himen yang elastis. Oleh karena itu, dalam kasus Anda, berdasarkan definisi sosial Anda sudah tidak perawan, namun secara medis perlu dilakukan pemeriksaan langsung oleh seorang dokter.

Secara medis, keperawanan tidak dapat dinilai selain dengan pemeriksaan selaput dara. Lebih lanjut sebagai perenungan, silakan kunjungi artikel kami yang berjudul Beda Negara, beda Konsep Keperawanan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat. 

Salam,

 

Tim redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar