Sukses

Demam dan Bengkak Di Belakang Telinga

07 Jul 2015, 15:18 WIB
Wanita, 39 tahun.

Dok,sakit bengkak di belakang tellingly,keras,merah,hangat kl dipegang,nyeri sampan ke punggung,demam

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Demam disertai adanya pembekakan pada pipi bawah hingga belakang telinga mengarah pada diagnosa gondongan atau parotitis. Namun kondisi ini harus dipastikan melalui pemeriksaan fisik. Sudahkah anda memeriksakan diri kepada dokte? Apa hasil pemeriksaan yang dikatakan oleh dokter ?

Gondongan (Mumps, Parotitis Epidemika) adalah suatu infeksi virus menular yang menyebabkan pembengkakan unilateral (satu sisi) atau bilateral (kedua sisi) pada kelenjar liur disertai nyeri. Mumps disebabkan oleh paramyxovirus. Virus ini ditularkan melalui percikan ludah yang berasal dari bersin atau batuk penderita atau karena bersentuhan langsung dengan benda-benda yang terkontaminasi oleh ludah penderita.

Gondongan yang sering dikatakan karena kekurangan iodium hanyalah dialami oleh daerah yang sangat kekurangan iodium. Gondongan lebih banyak disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Gejala yang didapatkan adalah :

  • Nyeri pada salah satu atau kedua kelenjar liur, disertai bengkak (di rahang) yang dapat menjalar ke belakang telinga dan leher
  • Demam ringan, nyeri pada otot leher dan rasa lemas, sakit kepala
  • Gangguan menelan/mengunyah, merasa tidak enak badan
  • Puncak bengkak pada 1-3 hari, dan berakhir pada 3-7 hari
  • Nyeri pada telinga
  • Posisi daun telinga meningkat

Parotitis ini akan sembuh sendiri dalam jangka waktu 3-7 hari. Selama masih ada keluhan, kakak anda sebaiknya beristirahat, minum obat yang sudah diresepkan, makan makanan lunak, kompres daerah yang bengkak bergantian antara kompres panas dan dingin.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar