Sukses

Terinfeksi HPV

06 Jan 2015, 09:57 WIB
Wanita, 18 tahun.

Pagi dok ,, saya mau tanya ,, saya mempunyai penyakit hpv ,keputihan seperti putih susu pekat,dan kutil kelamin di dlm dekat mulut rahim .yg saya mau tanyakan apakah penyakit saya ini bisa menyebabkan kanker serviks , saya sdh mengalami ini selama 2 thn . Mohon di jelaskan ya dok .. trim ..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Keluhan Anda saat ini adalah kutil di kelamin. Kutil di kelamin (kondiloma akuminata), merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. Di kalangan awam kutil ini juga dikenal dengan istilah jengger ayam. Ada 100 tipe virus HPV.  

Kutil pada kelamin seringkali disebabkan oleh virus HPV tipe 6 dan 11, dan kanker serviks seringkali disebabkan oleh tipe virus 16 dan 18. Saat wanita ataupun pria itu aktif secara seksual, terutama apabila berganti-ganti pasangan maka resiko untuk terinfeksi virus-virus ini tinggi. Kami sarankan Anda bisa melakukan pemeriksaan pap smear untuk mengetahui apakah sudah ada infeksi atau belum. Dan kami juga sarankan saat Anda sembuh dari penyakit Anda, Anda bisa melakukan vaksinasi HPV.

Kutil pada kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan terapi, antara lain dengan mengoleskan bahan bernama podifilin pada kutil tersebut untuk kemudian dibilas, atau dengan menggunakan asam trikloroasetat. Pilihan terapi berupa tindakan seperti cryosurgery, laser, atau operasi kecil untuk mengangkat jengger ayam yang berukuran lebih besar juga dapat dilakukan. Dengan penanganan yang tepat maka kondiloma akuminata dapat disembuhkan, meskipun angka kekambuhannya cukup tinggi. Efektivitas masing-masing tata laksana sangat bergantung pada ukuran dan metode terapi yang dipilih.

Kondiloma akuminata juga merupakan penyakit yang ditularkan lewat hubungan seksual. Anda perlu memperhatikan agar melakukan hubungan seksual yang aman, tidak berganti-ganti pasangan, di dalam hubungan pernikahan dan menggunakan pengaman (kondom) agar tidak terkena kondiloma akuminata dan atau infeksi menular seksual lainnya.

Namun untuk dapat memastikan keluhan yang Anda rasakan saat ini, kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin agar dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung serta mendapatkan penanganan yang tepat. Kami sarankan pula untuk tidak menggunakan obat tanpa resep dan pengawasan Dokter agar terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan.

Berikut beberapa artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda:

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam sehat

    0 Komentar

    Belum ada komentar