Sukses

Penanganan Virus Herpes

07 Jan 2015, 00:31 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok, sy mau tanya.. herpes itu bisa sembuh total ga sih dok? Dan misal nya hamil trus kena herpes, apa ngaruh k kondisi baby nya jg nnti saat lahir? Trimakasih atas jwbannya dok..

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

 

 

Salam kami untuk nenek Anda!

Apakah yang anda maksudkan adalah herpes zoster?

Herpes zoster adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varisela-zoster dan menyerang kulit, mukosa, serta saraf. Virus varisela zoster ini didapat saat seseorang terkena cacar air dan kemudian virus dapat tinggal di sistem saraf  dan dapat tereaktivasi  jika orang tersebut mengalami stres berlebih atau penurunan daya tahan tubuh. Karena disebabkan oleh virus, maka penyakit ini dapat sembuh sendiri (self limiting disease) dalam jangka waktu beberapa hari asalkan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh meningkat.

Virus varisela-zoster merupakan virus yang sama yang menyebabkan cacar air, untuk itu memang dapat menular. Herpes zoster dapat menular pada mereka yang belum pernah terkena cacar air dan yang akan timbul adalah cacar air bukan herpes zoster. Setelah seseorang terkena cacar air maka orang tersebut dapat terkena herpes zoster bila mengalami stres berlebih atau penurunan daya tahan tubuh. Mereka dengan herpes zoster tidak terlalu menularkan virus seperti mereka yang dengan cacar air. Penularan dapat terjadi melalui kontak langsung dengan kulit yang mengalami lesi karena virus dapat menyebar melalui udara.

Obat antivirus yang diberikan biasanya diminum 5x/hari ditujukan untuk mempercepat fase penyembuhan penyakit dengan mematikan virus tersebut. 

Obat yang terbaik adalah istirahat, makan dengan nutrisi yang cukup, minum obat antivirus, dan obat simptomatik lainnya. Gejala biasanya akan berangsur-angsur membaik. Jika rasa nyeri terus ada, maka sebaiknya nenek Anda perlu kembali mengunjungi dokter untuk evaluasi lanjutan.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam sehat selalu,

 

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar