Sukses

Penyebab Batuk Berkepanjangan

07 Jan 2015, 00:27 WIB
Pria, 18 tahun.

Kenapa dalam seminggu ini saya mengalami batuk yang terus menerus? terutama pada malam hari saya mengalami batuk sampai sulit bernapas dan kadang batuk saya itu mengeluarkan darah yang bercampur dengan rehak mohon solusinya dan obatnya dok. Thnks ASAP

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Batuk yang  Anda alami dapat berkepanjangan dapat juga disebabkan karena faktor psikologis ataupun lingkungan. Saat ini, Anda perlu memperhatikan faktor apa saja yang membuat  Anda menjadi sering batuk, apakah ada faktor di sekitar lingkungan yang membuat Anda menjadi batuk terus-menerus, misal: debu, bulu binatang peliharaan, udara yang terlalu dingin dan lembab, bulu dari pakaian, merokok, dsb. Terdapat kemungkinan bahwa benda-benda tertentu dapat menyebabkan batuk pada diri Anda, dan yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan penghindaran terhadap benda-benda tersebut. Seringkali batuk tersebut diakibatkan karena alergi terhadap hal-hal tertentu. Dan untuk mengatasinya, Anda perlu menghindari setiap kondisi yang menyebabkan batuk. Namun jika batuk Anda berdarah, kami sarankan agar Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi leboh lanjut. 

Apakah ada obat-obatan tertentu yang sedang Anda konsumsi, misalkan: obat hipertensi? Atau yang lainnya? 

Jika dari hasil pemeriksaan fisik, memang dokter menegaskan bahwa masalah pada Anda adalah pada saluran pernapasan maka obat-obat yang diberikan dokter sudah benar. Obat-obat tersebut diberikan agar batuk ayah Anda berkurang. Bila memang keluhan tidak semakin berkurang sebaiknya Anda kembali mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan fisik lebih lanjut, dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan seperti rontgen dada, pemeriksaan laboratorium, dll yang menyeluruh.

Batuk 100 hari dalam dunia medis disebut dengan pertusis. Pertusis merupakan infeksi bakteri Bordetella pertusis. Dikenal juga dengan nama batuk rejan. Biasanya menyerang anak-anak dan balita dan sangat jarang terjadi pada orang dewasa, karena biasanya pada saat balita sudah mendapatkan imunisasi DPT (Difteri Pertusis Tetanus). Batuk memang dapat terjadi sangat parah, seringkali menyertai tarikan napas. Untuk melakukan diagnosis perlu dilakukan pemeriksaan kultur apus tenggorok untuk mengetahui adanya bakteri tersebut. Penyakit ini juga termasuk penyakit menular. Apakah sebelumnya ada orang lain di sekitar Anda yang mengalami keluhan serupa? 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar