Sukses

Kulit Gatal dan Pingsan

06 Feb 2015, 17:27 WIB
Pria, 37 tahun.

Suami sy kmrn gatal2 smp merasa mata gelap mau pingsan..namun kmrn pas sblm pingsan dia spt mau kejang. Ini kali ke 2...sblmnya trjadi sewaktu dia main futsal, awalnya sama gatal2 diseluruh tubuh dan sempat dibawa ke ugd. Dia setau sy tdk ada alergi apapun. Kmrn sempat sy minumin incidal. Apakah suami saya ada alergi? Apakah alergi bs menyebabkan pingsan or kejang2? Apa obat atau antisipasi yg hrs dilakukan?

 

Ibu yang terhormat,

 

Terima kasih atas kesetiaan dan kesabran Anda menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Salam kami untuk suami Anda. Kami memahami kekhawatiran Anda.

 

Gatal-gatal pada kulit yang terjadi akibat reaksi alergi  dapat disebabkan berbagai macam penyebab; semisalkan seperti makanan dan penyedap makanan, obat-obatan dan beberapa situasi seperti panas, dingin atau stres emosional. 

 

Solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menghindari penyebab yang diketahui. Jika penyebabnya sulit diketahui, maka paling baik adalah dengan melakukan pemeriksaan uji alergi pada kulit yang dapat dilakukan di rumah sakit.

 

Mengatasi alergi dapat dengan mengkonsumsi antihistamin untuk mencegah reaksi yang timbul berlebihan pada saat-saat pemicu alergi tidak dapat dihindari. Golongan antihistamin yang dapat menyebabkan rasa kantuk adalah CTM, difenhidramin, Sedangkan golongan antihistamin yang tidak menyebabkan kantuk adalah Loratadine, Cetirizine. Dengan mengkonsumsi antihistamin maka dapat mengurangi gegala alergi yang timbul.

 

Sedangkan terkait dengan keluhan mata gelap dan mau pingsan, kejang sebelum pingsan yang sudah terjadi 2 kali, perlu ditelusuri lebih lanjut. Apakah Anda sudah mengunjungi dokter? Diperlukan informasi seperrti kapan tepatnya keluhan terjadi, jarak antar-keluhan, bagaimana kondisi kesehatan secara keseluruhan, dan hal-hal yang terjadi atau dirasakan sebelum keluhan. Selain itu juga perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan diagnostik laboratorium.

 

Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk penanganan yang optimal bila keluhan suami Anda bertambah parah.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar