Sukses

Konsumsi Obat Selama Menyusui, Bolehkah?

18 Feb 2015, 09:42 WIB
Wanita, 30 tahun.

Selamat malam dok, dok, kulit itu bs berubah ubah yaa? dulu sewaktu sy kuliah pernah cek jenis kulit saat itu kulit sy normal berminyak. Sekarang sejak bekerja sy merasa kulit sy jd cenderung kering (ruang kerja full ac). Mengingat sy sedang menyusui, kondisi tsb membuat sy bingung utk memilih produk kosmetik. dok, utk ibu menyusui apakah aman jika menggunakan produk pemutih? (sbg catatan produk tsb sudah teregistrasi di bpom). mohon sarannya dok, terima kasih.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Bekerja di ruangan ber AC memang menyebabkan kulit kering. Sebaiknya Anda menggunakan pelembab secara rutin yang dapat diulangi beberapa kali sehari untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Pemakaian obat pada masa kehamilan menyusui harus hati-hati dikarenakan beberapa jenis obat dapat melalui plasenta ke janin dan ASI sehingga terkonsumsi oleh bayi. Beberapa obat memiliki efek yang berbahaya bagi bayi dan janin, seperti kloramfenikol, tetrasiklin,dan asam retinoat yang banyak digunakan untuk pengobatan kulit.

Sejauh produk kosmetik yang Anda gunakan hanya untuk obat luar dan tidak mengandung substansi obat-obatan, umumnya diperbolehkan. Namun, kandungan dari pemutih yang Anda gunakan tidak dijelaskan disini. Sebaiknya selama masa menyusui untuk penggunaan obat secara rutin Anda berkonsultasi dengan dokter atau menggunakan obat sesuai dengan anjuran dokter.

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar