Sukses

Diabetes dan Keluhan Gatal

14 Feb 2015, 13:13 WIB
Wanita, 82 tahun.

jika gula diatas 200, terjadi gatal-gatal, obatnya apa

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Diabetes melitus dapat mempengaruhi hampir semua bagian tubuh, termasuk kulit. Kadar gula darah yang tidak terkontrol pada pasien diabetes melitus sering kali membuat kulit kering dan terasa gatal, luka menjadi sulit sembuh, infeksi kulit dan lain-lain.

Bagaimana kadar gula darah Anda selama ini? Apakah terkontrol? Apakah rutin mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter? Apakah kulit gatal tersebut disertai luka?

Untuk penanganan awal, bila kulit kering dan tidak ada luka, gatal dapat dikurangi dengan penggunaan bedak yang mengandung asam salisilat dan menthol. Selain itu perhatikan sabun mandi yang digunakan. Gunakan sabun yang mengandung pelembab, serta dapat digunakan lotion sehabis mandi untuk menjaga kelembaban kulit. Namun yang terpenting adalah menjaga kadar gula darah agar selalu terkontrol dengan rutin mengonsumsi obat yang telah diresepkan oleh dokter, menjaga asupan diet dan pola makan, serta memeriksakan diri ke dokter apabila terdapat luka di kulit. Bila keluhan tidak kunjung membaik, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Berikut artikel terkait yang dapat menambah informasi Anda:

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar