Sukses

Jari Kaku dan Sering Sariawan

05 Jul 2015, 14:40 WIB
Wanita, 45 tahun.

Tanya Dokter 1. Tangan kiri saya setelah saya kepalkan setelah itu saya luruskan lagi jari jarinya maka jari tengah dan jari manis kaku dan lama lurusnya Dok....kenapa ya dokter 2. Saya setiap bulan selalu sariawan,...putus nyambung terus...dan saya sudah sariawan lebih 20 tahun, anak saya yg baru umur 11 th sudah sariawan terus spt saya dok. *saya tidak bisa makan buah yg mengandung vit c karena Maag mohon penjelasannya terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan anda satu-persatu.

1. Kekakuan Pada Jari

Sejak kapan anda merasakan kekakuan pada jari? apakah disertai rasa nyeri atau berbunyi pada saat jari diluruskan? kapan saja hal tersebut terjadi?

Apabila jari susah diluruskan kembali setelah ditekuk dan berbunyi "klek", Keluhan Anda bisa mengarah kepada trigger finger. 

Kami akan mencoba jelaskan mengenai Trigger finger. Tringer finger adalah kekakuan tendon atau selubung tendon, suatu kondisi nyeri atau sakit pada jari-jari tangan, jari kaku bila ditekuk atau ketika mau di luruskan. Kondisi ini mengakibatkan terkuncinya sendi jari pada saat di gerakan dari posisi fleksi (gerakan menekuk) ke arah posisi ekstensi (gerakan meluruskan). Trigger finger dapat mengenai lebih dari satu jari pada satu waktu, meskipun biasanya lebih sering terjadi pada ibu jari, tengah, atau jari manis. Trigger finger biasanya lebih menonjol di pagi hari. Insiden terjadi trigger finger lebih sering terjadi pada wanita di usia 40 - 60 tahun dan penderita diabetes melitus atau penyakit rematik. 

Kami sarankan segera konsultasikan ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan mendapatkan terapi yang optimal. 

Penanganan dilakukan dengan cara :

1. Terapi non bedah :

  • Istirahat. Jika keluhan ringan, mengistirahatkan jari mungkin dapat mengurangi gejala.
  • Obat obatan golongan anti inflamasi non steroid (NSAID) dapat membantu mengurangi gejala.
  • Suntikan steroid. Suntikan dilakukan ke dalam selubung tendo. 

2. Terapi bedah

Namun untuk dapat memastikan keluhan Anda, kami sarankan Anda melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter secara langsung agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. 

 

2. Sering Sariawan

Stomatitis Aftousa Rekuren (SAR) atau yang dikenal juga dengan sariawan belum diketahui dengan pasti penyebabnya, tetapi terdapat beberapa faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan dan tidak hanya karena kekurangan vitamin atau terkait kebersihan mulut saja. Beberapa kondisi yang terkait timbulnya sariawan adalah stress, perubahan hormonal, infeksi virus dan bakteri, sensitifitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut, faktor genetik dan defisiensi hematinik. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-14 hari.

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mencari faktor-faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan  tersebut dalam mulut dan kemudian dikoreksi serta diperbaiki sehingga dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit ini. Dan yang perlu diperhatikan adalah mencegah terjadinya infeksi sekunder yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut  dengan menyikat gigi, membersihkan karang gigi  dan merawat gigi-gigi yang berlubang serta konsumsi makanan yang  mengandung vitamin dan mineral.

Mengingat luka dalam rongga mulut dapat berindikasi beberapa penyakit ada baiknya berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter gigi spesialis penyakit mulut (SpPM) agar dapat dipastikan diagnosa dan hal yang terkait dengan timbulnya sariawan.

Berikut artikel yang dapat Anda baca

Stomatitis Aphtous Reccurent/SAR (Sariawan)

Madu untuk Sariawan

Sariawan, Kurang Vitamin C?

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar